--> Skip to main content

Kolom iklan

Tips Sehat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulannya berpuasa bagi kita sebagai umat Islam. Puasa adalah salah satu kewajiban umat islam di seluruh dunia ini. Banyak sekali habit atau kebiasaan yang kurang sehat yang kita lakukan karena kita berpuasa. Inilah Tips sehat berpuasa di bulan Ramadhan. Kebiasaan yang kurang baik itu misalnya makan berlebihan disaat buka dan aktifitas yang kurang tepat bagi kesehatan tubuh. Sebelumnya kita ketahui dulu prinsip kerja lambung dulu yuk.. Setelah itu kita simak bagaimana tips sehat berpuasa setiap harinya. tetap semangat ya.. :)


Mengenal Cara kerja lambung
Lambung kita terletak pada perut sebelah kiri atas atau di sekitar uluhati bagian kiri. Lambung berbentuk tabung melengkung seperti koma. Lambung terdiri dari 3 lapisan yaitu luar, tengah dan dalam (otot), bagian dalam yang bersentuhan dengan makanan di lapisi oleh lapisan lender sehingga asam lambung tidak bisa merusak lapisan tengah dan otot.
Otot yang kuat ini diperlukan guna memeras dan mengaduk makanan yang ada didalamnya agar bisa tercampur dengan asam lambung secara merata, sehingga protein dan zat gizi tertentu sudah mulai dicerna secara kimiawi dan mekanik dilambung. Agar isi tidak tumpah maka Allah SWT menciptakan lambung dengan 2 (dua) katup di bagian atas dan bawahnya. Adanya katup dibagian atas dapat mencegah isi makanan tumpah keluar (muntah) saat kita ruku atau sujud. Katup bawah berperan agar setiap makanan yang belum tercampur dengan asam tidak bisa melewatinya atau dengan kata lain katup ini memastikan bahwa setiap makanan yang akan masuk kedalam usus harus tercampur dengan asam lambung.

Lambung juga mengeluarkan cairan asam lambung yang mempunyai fungsi membantu proses pencernaan bahan makanan, membunuh kuman penyakit, juga bahan pendukung pembuatan nutrisi tubuh seperti sel darah merah. Lambung bisa mengeluarkan Asam lambung , manakala kita mencium makanan khususnya protein, efek hormone dan stress.

Penyakit maag atau sering disebut gastritis adalah suatu bentuk peradangan dari dinding lambung bagian luar (yang bersentuhan dengan makanan), jika proses peradangan ini tidak dihentikan maka dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan dibawahnya seperti otot lambung . jika hal ini terjadi dapat berakibat fatal. Penderita maag biasanya akan mengeluh perut terasa mual, mulas, perih, dan kembung. Keadaan ini timbul manakala cairan lambung keluar dari sel parietal lambung dalam jumlah banyak, sehingga merangsang dinding dan menimbulkan rasa perih, lalu merangsang gerak lambung yang tak semestinya dan berakibat mual.
Meskipun demikian penderita Maag tetap bisa melakukan puasa, ga usah jauh-jauh..lakukan puasa yang sehat seperti yang dicontohkan oleh baginda rasullah SAW :

1. Usahakan melakukan sahur
Sahur penting banget kaalau kita akan berpuasa. Selain sehat juga penuh bekah. Disarankan sebaiknya kita mengkonsumsi banyak asupan karbohidrat dan serat yg berguna untuk melancarkan sistem pencernaan kita seperti sayur-sayuran dan buah-buahan (termasuk kurma) menjadi menu wajib saat sahur. 
sebaiknya konsumsi juga asupan multivitamin sebagi cadangan energi saat shaum selama seharian.

2. Hindari Tidur setelah sahur
Enaknya sih setelah sahur dan shalat subuh terus tidur...ngantuk banget khan? ayo ngaku!!..^^
Sebenarnya tidur setelah sahur atau pada siang hari  kurang baik bagi lambung yang sedang mengalami perandangan, karena tidur menyebabkan peningkatan gerak saluran cerna sehingga pengosongan lambung lebih cepat, pengeluaran asam lambung meningkat. Hal ini disebabkan pada saat tidur keluaran hormone non katekolamin meningkat yang akan meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak usus. Akibatnya saat bangun tidur perut kita menjadi lebih terasa lapar.

3. Melakukan aktifitas
sebaiknya kita beraktifitas, maka otak akan merangsang keluaran hormone katekolamin. Hormone ini mempunyai efek mengurangi keluaran asam lambung dan enzim pencernaan, mengungi gerak usus, serta menghancurkan simpanan gula dan lemak yang ada didalam tubuh.

4. Jangan stress ya!!
Stress apapun bentuknya dapat menyebabkan 2 efek negative sekaligus, pertama sekresi asam lambung berlebih yang dapat merusak dinding lambung dengan cepat. Kedua , menipiskan lapisan lender pelindung dinding lambung. Jadi dinding lambung sangat beresiko terjadi perlukaan bila seseorang sedang menghadapi tekanan/stress. atasi stress dengan memperbanyak tadarus (membaca al-Qur’an).

5. Hindari mengkonsumsi obat dan makanan yang dapat merusak lambung.
Beberapa obat seperti golongan steroid, asam salisilat dan makanan dengan bahan pengawet serta berkarbonasi , diketahui mempunyai resiko merusak dinding lambung. Sebaiknya hindari obat dan makanna tersebut , dan beralih ke obat dan makanan yang aman. Misalnya obat herbal seperti habbatussauda.

6. Makan secukupnya
makan bila terasa lapar dan berhentilah sebelum kenyang karena dengan volume yang sedang, otot lambung cukup kuat tapi relaks untuk melakukan kontraksi guna mencerna makakan menjadi chime yang siap di serap. Makan tidak terlalu kenyang juga menjadikan dinding lambung tidak akan teregang terlalu kuat sehingga akan mengurangi nyeri dan efek robekan pada dinding yang meradang. 

7. Menyegerakan saat berbuka puasa
Menyegerakan berbuka dengan dengan makanan yang manis akan mengembalikan stamina ke kondisi semula, namun jika berlebihan maka akan menimbulkan efek seperti radikal bebas yang bisa memicu timbulnya kerusakan dinding pembuluh darah seperti atherosclerosis ( penyempitan dinding pembuluh darah ). 

Oya satu lagi wahai sahabat.. Makan malam adalah hal yang penting tapi paling sering diabaikan. Padahal makan malam penting dalam mencegah kerusakan dinding saluran cerna. Seperti diketahui sekresi cairan lambung dan cerna pada malam hari dan terlebih saat tidur akan lebih tinggi dibanding siang hari. Dengan kata lain siang hari tidak berbahaya jika seseorang itu berpuasa dengan atau tanpa makan (sahur) cukup niat
sebaiknya pilih menu-menu yg sehat dan jangan terlalu sering membeli makanan fastfood (cepat saji),makanan kalengan yg mengandung banyak pengawet,ataupun minuman-minuman bersoda,pilih lah menu yg manis-manis seperti kurma, kolak,atupun minuman hangat

Jangan terburu-buru untuk menyantap makanan berat yg sudah terhidang di meja beri jeda beberpa menit agar lambung kita nanti siap untuk mencerna makanan setalah seharian berpuasa,sebaiknya sholat magrib terlebih dahulu, setelah itu.. baru makaann!!.. :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.