Hati-Hati Kandungan Otak Sapi

Kandungan otak sapi
Mungkin selama beberapa hari ini banyak sahabat pembaca yang mengkonsumsi daging sapi. Tapi bagi anda yang suka dengan masakan otak sapi hati-hatilah. Kenapa harus berhati-hati? Sudahkah anda tahu kandungan otak sapi bila kita konsumsi?. Hati-hati kandungan otak sapi memiliki Kadar kolesterol yang tinggi. Artinya Kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat bila mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol atau lemak jenuh baik dari sumber nabati atau hewani. Jadi bagi anda yang menyukai masakan otak sapi hendaknya waspada pada kandungan otak sapi yang berbahaya bagi kesehatan ini.

Selain itu peningkatan kolesterol juga terjadi akibat menurunnya pengeluaran kolesterol ke usus melalui asam empedu atau produksi kolesterol di hati meningkat karena faktor genetik.

Masakan Otak Sapi adalah salah satu makanan yang mengandung kadar kolesterol dan asam lemak jenuh tinggi. Kandungan kolesterol dalam 10 gr otak sapi adalah 2.100 mg dan kandungan asam lemak jenuhnya 1,8 g/ons (Hardjono, 2009).

Idealnya konsumsi makanan yang mengandung sebesar :
  • lemak 30%
  • karbohidrat 50%
  • protein 20%.

Untuk itu usahakan tidak mengkonsumsi makanan berkolesterol lebih dari 300 mg per hari. Penambahan kolesterol sebesar 200 mg tiap 100 gram pakan dapat meningkatkan kadar kolesterol serum sebelum perlakuan bahkan mencapai hiperkolesterolimia.

Kelebihan kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan resiko berbagai macam penyakit . kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan tertimbun didalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Menurut ( Apriyanti, 2006 ) pemberian 10 % otak sapi dari pakan standart selama 13 hari berpengaruh terhadap penambahan kadar kolesterol total pada tikus.
Bagaimana masih berminat dengan Gulai otak sapi?.. :)
Labels: Kesehatan
loading...
Back To Top