Cara Membuat Saus Sambal Alami Sendiri

Cara buat saus sambal alami
Sahabat pembaca tentunya ingat pemberitaan penggerebekan kepolisian Bandung pada sebuah pabrik saus tomat dan sambal di Caringin Bandung. Saus tomat dan sambal yang diproduksi oleh pabrik tersebut mengandung zat kimia berbahaya. Saus tomat dan sambal yang dihasilkan sama sekali tidak menggunakan bahan baku tomat dan cabai sama sekali. Mengerikan sekali bukan? Daripada pusing-pusing kita coba cara membuat saus sambal alami sendiri yuk! Aman, sehat dan lebih nikmat.

Tahukah Anda bahwa segala sesuatu yang dikemas pasti membutuhkan pengawet agar tahan lebih lama untuk dijual di pasaran, termasuk saus dan sambal kemasan. Selain itu, biasanya makanan rentan menggunakan pewarna yang berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu, memproduksi saus sambal di rumah adalah pilihan terbaik. Berikut kami sajikan cara membuat saus sambal alami yang bisa Anda tiru. Selamat menyimak!

Siapkan Bahan-bahan!
Untuk membuat saus sambal, kita membutuhkan sejumlah bahan-bahan, antara lain:
  • 500 gram buah tomat segar berwarna merah. Cuci bersih di air yang mengalir.
  • 700 gram cabe besar. Cuci bersih di air yang mengalir.
  • 1 sendok teh garam halus.
  • ½ sendok teh merica bubuk.
  • 1 sendok teh penyedap rasa (atau sesuai selera Anda).
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • 50 ml kaldu ayam.

Mari Membuat Saus Sambal
Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan tersedia, saatnya kita meracik saus sambal ini. Adapun cara membuat saus sambal, langkah demi langkah, sebagai berikut:

Pertama, keratlah buah tomat sebelum dimasukkan ke dalam air yang panas yang telah matang. Rendam tomat ini selama kurang lebih 3 sampai 5 menit. Kemudian angkat dan tiriskan.
Setelah dingin mulailah mengupas kulit luar buah tomat. Dan kemudian keluarkan bagian bijinya hingga benar-benar bersih sempurna.

Lakukan hal yang sama dengan cabe merah besar. Rendam di air panas, tiriskan dan kemudian dikupas kulit luarnya dan selanjutnya dibuang bagian bijinya tanpa sisa. Proses ini dikenal dengan nama Blanchin yang fungsinya untuk menhentikan aktifitas enzim yang ada di dalam tomat maupun cabe.

Selanjutnya, haluskanlah cabe dan juga tomat rebus tadi dengan menggunakan blender.
Berikutnya, panaskan wadah untuk memasak (panci/wajan besar) dan masukkan tomat dan cabe blender yang telah halus sempurna. Masak tanpa menggunakan campuran minyak sama sekali. Terus aduk cabe dan tomat halus ini hingga berubah menjadi kental.
Saat kandungan airnya sudah mulai habis, masukkan ke dalamnya bumbu berupa gula, garam dan penyedap sesuai selera Anda. Aduk lagi hingga benar-benar tercampur.
Angkat saus sambal Anda dan sajikan untuk keluarga.


Apabila Anda suka saus sambal yang pedas, Anda bisa menambahkan jumlah cabe merah yang digunakan. Dan apabila Anda ingin membuat saus tomat, pada langkah di atas, hilangkan saja bahan cabe-nya, maka yan Anda racik adalah saus sambal tomat nikmat. Sebagian orang menambahkan bawang putih pada racikan saus mereka agar lebih gurih. Anda juga bisa melakukannnya jika Anda ingin. Pada dasarnya Anda bebas memodifikasi cara membuat saus sambal ini. Saus ini tidak bisa bertahan selama saus instan dengan pengawet sebab ia hanya diawetkan secara alamiah oleh garam. Maka dari itu, buatlah sebatas untuk konsumsi mingguan, jangan bulanan ataupun tahunan. 
Selamat mencoba!
Labels: Resep Masakan
loading...
Back To Top