Cara Mengenal Bakat Anak Sejak Dini

Loading...
Banyak orang tua kebingungan bagaimana cara mengetahui dan mengenal bakat anak di usia dini. Bahkan sampai datang pada konsultan khusus anak untuk mencari tahu bakat anak di masa depan. Sebenarnya Cara mengenal bakat anak sejak dini mudah saja bahkan bisa dilakukan orang tuanya sendiri.  Jangan dulu terburu-buru menemukan bakat anak bukanlah dengan tes maupun ujian. Cara paling efektif menemukan bakat anak justru ketika dilakukan orang tua.

Keragaman kecerdasan itu seringkali dikomunikasikan dengan istilah yang beragam pula meski maknanya tidak jauh berbeda. Ada yan gmenggunakan istilah kecerdasan, kekuatan atau bakat. Howard Gardner menyebutkan setidaknya ada 8 kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak. Berikut ini cara mengetahui bakat anak sejak dini menurut konsep teori multiple intelegence gardner.

Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini


Inteligensi linguistik (Linguistic intelligence)
Kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata – kata secara efektif baik secara oral maupun secara tertulis

Inteligensi matematis-logis (Logical– mathematical intelligence)
Kemampuan ini berkaitan dengan penggunaan bilangan dan logika . Jalan pikiran bernalar dengan mudah mengembangkan pola sebab akibat .

Inteligensi ruang (Spatial intelligence)
Kemampuan untuk menangkap dunia ruang visual secara tepat dan kemampuan untuk mengenal bentuk dan benda secara tepat serta mempunyai daya imaginasi secara tepat. contohnya pemburu, arsitek, dekorator.

Inteligensi kinestetic-badani (bodily- kinesthetic intelligence)
Kemampuan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan .

Inteligensi musikal (Musical intelligence)
Kemampuan untuk mengembangkan , mengekspresikan dan menikmati bentuk – bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat musik.

Inteligensi interpersonal  (Interpersonal intelligence)
Kemampuan untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan , intensi, motivasi, watak, temperamen orang lain.

Inteligensi intrapersonal  (Intrapersonal intelligence)
Kemampuan berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan untuk bertindak secara adaptif berdasar pengalaman diri serta mampu berefleksi dan keseimbangan diri, kesadaran tinggi akan gagasan–gagasan . Mereka mudah berkonsentrasi  dengan baik, suka bekerja sendiri dan cenderung pendiam

Inteligensi lingkungan / naturalis (Naturalist intlligence)
Kemampuan untuk mengerti flora dan fauna dengan baik, menikmati alam, mengenal tanaman dan binatang dengan baik.

Inteligensi eksistensial  (Existential  intelligence)
Kemampuan menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan– persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia.contohnya persoalan mengapa ada, apa makna hidup ini.

Bakat Anak bisa lebih dari satu, jadi ayah itu tidak perlu bingung bila anak menyukai beragam aktivitas. Ayah ibu bisa mengenali bakat anak dengan memperhatikan perilaku anak yang mengandung 4 ciri berikut ini:
  1. Cepat menguasai: Anak mudah melakukan suatu aktivitas meski tanpa penjelasan secara rinci.
  2. Asyik menikmati: Anak ketika melakukan suatu aktivitas terlihat asyik sampai kadang lupa waktu
  3. Puas hasilnya: Anak menunjukkan wajah senang ketika menceritakan hasil aktivitasnya
  4. Ingin Mengulang: Anak menunjukkan intensi untuk mengulang aktivitas tersebut di kesempatan lain dengan tantangan yang lebih sulit atau lebih produktif.


Setelah menemukan 2-3 aktivitas kunci, ayah ibu identifikasi kemampuan yang digunakan anak dalam melakukan aktivitas tersebut. Dengan demikian, maka akan diketahuilah apa bakat anak anda.

Loading...

Related Posts

Cara Mengenal Bakat Anak Sejak Dini
4/ 5
Oleh