--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Hilangkan Bau Pesing Di Kasur Bekas Ompol Anak

Cara Hilangkan Bau Pesing - Nah! Bagi ibu-ibu muda yang punya bayi ataupun balita dirumahnya pasti punya kendala seperti yang saya rasakan. Salah satunya adalah Bau pesing ompol anak di kasur yang sukar hilang atau mungkin sukar hilang karena telat dijemur dan terlalu sering kena ompol tiap harinya. Lama-lama pusing juga kan? Nah ada cara hilangkan bau pesing di kasur bekas ompol anak yang paling tepat dan praktis. Cara menghilakan bau ompol anak di kasur ini sudah saya coba dan ternyata berhasil dan sukses.

Cara Menghilangkan Bau ompol dan Pesing Di Kasur

Kebanyakan ibu-ibu mengatasi bau pesing ini dengan cara menjemurnya saja tapi terkadang bau tersebut sulit dan lama hilangnya meskipun baunya menjadi sedikit samar saja.  Ini disebabkan karena kasur baik yang kasur busa atau kasur kapuk tentu tidak mungkin dicuci dengan air bersih karena butuh pengeringan yang sangat lama. Rata-rata orang akan menjemur kasur bau ompol di bawah teriknya sinar matahari. Cara ini cukup efektif seperti yang saya jelaskan diatas, tapi apa yang anda lakukan jika cuaca sering mendung ataupun hujan seperti saat ini? Menyamarkan bau ompol dengan menyemprotkan parfum? Saya rasa kurang tepat bahkan hal ini membuat kasur beraroma aneh wangi dan pesing bercampur baur.

Cara Menghilangkan Bau Ompol Pesing di Kasur

Penanganan Pertama Saat Kasur Kena Ompol Anak
Pertama-tama segeralah serap ompol yang menempel di kasur dengan menggunakan kain lap. Tempelkan kain pada bagian yang terkena ompol lalu sedikit lakukan gerakan menekan agar bekas air kencing anak terserap oleh kain. Setelah terlihat mulai basah maka peraslah kain, lakukan penyerapan lagi. Mungkin butuh beberapa kali agar kasur terbebas dari ompol.

Lakukan tips di atas sesegera mungkin setelah bayi ngompol, biasanya ditandai dengan si bayi yang mulai nangis karena kurang nyaman. Saat ibu menganti popok sambil menenangkan bayi, sang ayah bisa langsung melakukan penyerapan ompol di kasur. Baca juga hal ini Cara hilangkan tahi lalat dengan cepat dan aman.

Beberapa bahan penghilang bau Pesing Ompol yang bisa digunakan :

Soda kue (baking soda)
Salah satu bahan pembuat kue ini sudah terbukti ampuh merontokkan bau membandel. Langkah pertama larutkan soda kue dengan air. Ambil kain bersih lalu celupkan ke dalam larutan baking soda. Terakhir tinggal mengelapkan kain basah untuk membersihkan noda bekas ompol.

Kalau tempat tidur anda  merupakan kasur busa/ kapuk maka perlu sedikit menekan agar larutan masuk menghilangkan bau pesing di dalam kasur. Setelah proses selesai, keringkan dengan mengelapkan kain baru yang masih kering. Kalau masih kurang kering gunakan hair dryer.

Alkohol
Alkohol memang sering digunakan untuk penghilang bau, cukup percik-percikan cairan alkohol berkadar 70% ke kasur yang bau ompol. Lap dengan kain basah untuk menghilangkan noda ompol. Terakhir tinggal keringkan.

Bedak bayi
Bedak bayi memiliki bentuk tepung-tepungan yang memiliki bau wangi, kita bisa menaburkannya ke bagian yang bau ompol. Diamkan dalam sekitar 1 jam agar tepung menyerap bau. Setelah itu tinggal bersihkan bedak bayi yang menempel dengan vacuum cleaner. Selain bedak bayi kita bisa menggunakan Maizena ataupun jenis tepung lainnya.

Bagaimana jika yang ngompol di kasur anak umur balita?

Faktanya memang banyak anak umur 5 tahunan (pra sekolah) yang masih mengompol saat tidur malam hari. Agar tidak repot-repot membersihkan kasur yang bau pesing sebaiknya anda mengajari anak untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini.
  • Ajak anak untuk buang air kecil sebelum tidur di malam hari. Harapannya kantong kemih kosong sehingga tidak ngompol. Ajari juga anak anda untuk menggosok gigi sebelum tidur.
  • Nasihati untuk membangunkan anda saat dia merasa ingin pipis di malam hari. Faktanya banyak anak yang menahan pipis karena takut, akhirnya ngompol deh.
  • Ajak anak untuk membersihkan bau pesing di kasur. Tujuannya agar si anak mau bertanggung jawab atas kesalahannya dan tidak mengulangi kembali.
  • Jangan terlalu banyak memberikan minuman yang mengakibatkan sering pipis seperti kopi, minuman bersoda, susu coklat.
Demikian artikel tentang Cara hilangkan Bau Pesing di Kasur Bekas Ompol anak. Bijaksananya, Janganlah memarahi anak yang sering ngompol dengan keras karena akan membuatnya trauma, Tapi ajari dengan sabar bagaimana meninggalkan kebiasaan buruk ini. Oya baca juga artikel bermanfaat ini Cara alami obati sakit amandel tanpa operasi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.