--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Membersihkan Noda Cat Pada Pakaian Sesuai Jenis cat

Cara Membersihkan Noda Cat - Pakaian anda kena noda cat? Sudah di cuci tapi tidak hilang? Jangan kuatir selalu ada cara untuk membersihkan pakaian. Berdasarkan hasil baca sana sini dan juga pengalaman pribadi maka terkumpul Tips cara membersihkan noda cat pada pakaian sesuai jenis cat. Kenapa demikian? Karena setiap jenis cat yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk membersihkannya. Membersihkan disini adalah tuntas cara menghilangkan noda cat pada pakaian anda. Asal tahu saja bahwa Cat adalah produk yang dipergunakan untuk melindungi dan memberikan warna pada suatu objek atau permukaan dengan melapisinya dengan lapisan berpigmen yang dapat digunakan pada hampir semua jenis objek (id.wikipedia). Berdasarkan pengalaman diketahui beberapa jenis minyak, jenis pelarutnya saja ada 3 yaitu cat minyak, cat air, cat thinner. Silahkan di simak lebih lanjut.

Cara menghilangkan noda cat pada pakaian anda

Umumnya saat kita menggunakan cat, misalnya saja mengecat pagar besi, tiang dan bahkan rumah pastinya ada noda cat yang tanpa sengaja tertempel pada baju kita. Hal ini sudah sewajarnya terjadi meskipun anda bekerja dengan hati-hati. Misalnya  saja saat mengecat dinding rumah atau iseng-iseng melukis dengan cat minyak. Membersihkan baju dan celana yang ada cat menempel itu susah-susah gampang, disebabkan perlakukan dari tiap jenis cat itu berbeda. Inilah tutorial dan tips cara menghilangkan dan membersihkan cat pada pakaian berdasarkan jenis pelarutnya.

Cara Membersihkan Noda Cat bahan Dasar Air
Air akan larut dalam air, begitulah logikanya. Cat berbahan dasar air paling mudah dihilangkan jika dibandingkan jenis pelarut lainnya. Saat kaos ataupun celana anda terkena cat jenis ini segeralah menuju keran, saat masih basah kita hanya perlu menghilangkan cat memanfaatkan derasnya aliran dari kran air saja.

Lain halnya jika cat sudah mengering, kita perlu melakukan pekerjaan ekstra untuk yang satu ini. Siapkan sikat pakaian, bak yang terisi air, sabun cuci piring dengan jeruk nipis dan pisau (optional).
  1. Rendam baju yang terkena cat yang sudah mengering dalam beberapa jam. Cat berbahan dasar air walaupun sudah mengering bisa larut kembali jika terendam dalam waktu yang lama. Seharusnya hanya dengan merendam cat bisa luntur dengan sendirinya,
  2. Jika masih ada cat yang tersisa setelah perendaman, maka oleskan sabun cuci piring pada permukaan cat yang mengering.
  3. Ambil sikat pakaian dan gosok bagian cat, hal ini dilakukan untuk menghilangkan cat yang sudah masuk sampai ke dalam serat kain.
  4. Jika masih susah gunakan pisau tajam untuk mengerik cat yang menempel di pakaian. Lakukan dengan hati hati
  5. Jika sudah bersih lanjutkan dengan mencuci seperti biasanya dengan detergent

Cara membersihkan Noda Cat Latex
Untuk cat latex (cat tembok), walaupun merupakan jenis cat air tapi telah dicampur dengan berbagai bahan seperti akrilik, vinyl dan pva. Hal ini membuat cat tembok memiliki lebih tahan lama, tentu saja cara membersihkan cat lateks yang menempel di pakaian juga lebih susah.

Alkohol
Anda bisa membeli larutan isoprofil di apotik terdekat. Caranya cukup oleskan alkohol pada bagian yang tertempeli minyak lalu lanjutkan dengan mengosok lembut sampai cat yang mengering tersebut hilang seluruhnya.

Nail Remover (Acetone)
Kegunaan acetone adalah mampu menghilangkan lem alteco yang menempel di kulit.
Cairan penghilang kutek ini cukup efektif jika digunakan untuk menghilangkan noda cat tembok yang tidak sengaja menempel di kaos. Caranya cukup mengoleskan sedikit aseton ke cat lalu diamkan sebentar, terakhir tinggal gosok sampai cat terkelupas. Asetone termasuk larutan yang keras, jangan terlalu banyak menggunakannya.

Pemutih Pakaian
Untuk pakaian yang berwarna putih kita cukup menambahkan pemutih untuk membantu menghilangkan cat yang menempel. Masukkan pemutih saat proses perendaman.

cara membersihkan noda cat pada pakaian anak

Cara Menghilangkan Cat Minyak di Pakaian
Minyak tidak akan larut jika hanya direndam dalam air, untuk itu kita harus melawannya dengan cairan lain. Salah satu yang populer untuk mengencerkan cat berdasar minyak adalah thinner. Anda bisa membelinya di toko bangunan terdekat.

Jika cat minyak yang menempel masih basah kita dapat berusaha menghilangkannya dengan pisau. Sedangkan jika sudah kering silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

·    Banyak sekali bahan dari thinner salah satunya terpentin. Gunakan masker penutup hidung karena cairan thinner berbau tajam, jika memungkinkan lebih baik lakukan di luar ruangan.
·    Balik baju anda, selipkan kain lap ataupun pakaian yang tidak dipakai ke dalam baju.
·    Hal ini dilakukan agar nantinya cat yang telah diencerkan tidak menempel ke bagian baju lainnya.
·    Gunakan sarung tangan. Ambil tisu ataupun kapas, tetesi sedikit thinner ke atasnya lalu gosokkan ke cat di baju.
·    Diamkan beberapa menit, cat akan mulai menjadi encer dan berpindah ke kain lap tadi.
·    Lakukan beberapa kali sampai bersih maksimal.
·    Terakhir cuci bersih untuk menghilangkan bau thinner


Nah! Berdasarkan kumpulan cara menghilangkan noda cat pada baju diatas ternyata tidak sulit untuk membersihkan noda cat dari pakaian. Jadi bagi anda yang memiliki anak tidak perlu ragu untuk membiarkan anak anda berkreasi dengan berbagai macam jenis cat pada waktu menggambar. 


Demikian artikel mengenai Cara Membersihkan Noda Cat pada pakaian sesuai Jenis Catnya. Meskipun saat ini sebenarnya banyak juga detergent yang katanya mampu membersihkan berbagai macam noda yang menempel di pakaian, biasanya sabun cuci yang kuat dan poweful adalah yang berbentuk cair atau konsentrat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.