--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Tradisional Membuat Bedak Dingin Bengkuang dan Beras

Cara Membuat Bedak Dingin - Manfaat bedak dingin bagi kesehatan kulit sudah dikenal masyarakat. Bisa menghilangkan jerawat dan menjaga kehalusan kulit. Asal tahu saja bahwa membuat bedak dingin itu murah dan mudah. Inilah Cara Tradisional membuat Bedak dingin bengkuang dan beras yang bisa kita buat dengan mudah. Bahan-bahannya cuma tepung gandum, tepung beras kencur ataupun bengkuang.  Selain itu biasanya diberi tambahan bunga agar lebih wangi. Mau mencoba resep cara membuat bedak dingin Tradisional ini? Silahkan simak artikelnya di bawah ini.

Cara Tradisional Membuat Bedak Dingin Bengkuang dan Beras

Khasiat dan Manfaat Bedak Dingin
Bedak dingin adalah salah satu ramuan tradisional yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Jaman dulu digunakan oleh para gadis untuk membersihkan, menutrisi dan mempercantik wajah. Sayangnya sekarang sudah jarang yang memakainya, kebanyakan lebih memilih produk bermerk dengan alasan lebih efektif. Kinerja bedak modern memang lebih baik namun kita tidak bisa menutup mata bahwa ada bahan kimia di dalamnya.

Cara Membuat Bedak Dingin
Bedak dingin terbuat dari bahan alami sehingga 100% tanpa zat kimia berbahaya. Tidak ada efek samping meskipun sering digunakan. Tak perlu ragu untuk menjadikan bedak tradisional khas Indonesia ini sebagai perawatan harian.

Cara membuat bedak dingin memang mudah namun butuh waktu yang cukup lama terutama ketika perendaman dan pengeringan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:
  • Bengkuang 1 buah
  • Beras 2 genggam
  • Air
Kita memerlukan blender untuk menghaluskan bahan-bahan, kalau tidak ada cukup ditumbuk saja. Selain itu siapkan penyaring berlubang kecil dan beberapa mangkuk.

Pertama kita buat tepung beras, siapkan sekitar 2 genggam beras putih lalu rendam dalam air sekitar satu malam atau lebih. Tujuannya untuk membersihkan sekaligus melunakkan sehingga sari yang keluarkan lebih banyak.

Setelah tekstur beras lebih empuk, angkat dan tiriskan. Blender beras hingga didapatkan bubuk beras. Saring untuk mendapatkan bubuk yang halus, untuk yang masih kasar bisa dihaluskan sekali lagi.

Kedua kita ambil sari bengkuang, blender bengkuang dengan sedikit air hingga lembut. Ambil penyaring untuk memisahkan air sari bengkuang dan ampasnya. Sedikit peras ampas bengkuang untuk mendapatkan lebih banyak sari yang keluar. Diamkan sekitar 30 menit untuk mendapatkan endapan sari bengkuang.

Tuangkan sedikit demi sedikit sari bengkuang ke bubuk beras sambil diaduk agar tercampur rata. Jangan terlalu banyak air agar adonan yang dihasilkan cukup kering.

Bentuk adonan menjadi bulat, bisa sedikit dipipihkan agar lebih cepat kering. Jemur bedak dingin di bawah sinar matahari langsung agar kadar airnya berkurang sehingga tahan lama. Setelah garing selanjutnya disimpan dalam wadah tertutup. Satu resep ini bisa dipakai untuk beberapa kali perawatan.


Cara membuat bedak dingin tradisional telah selesai. Saat ini juga ada lo yang menjual bedak dingin, mulai dari merk terkenal ataupun produk homemade. Tapi tetep yang terbaik adalah membuat sendiri di rumah.

Cara Menggunakan Bedak Dingin
Kalau ingin digunakan tinggal diberi sedikit air agar mejadi lunak mirip bubur. Sebelum perawatan bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Kemudian oleskan bedak dingin pada wajah, langkahnya mirip dengan memakai masker.

Diamkan sekitar 15 menit hingga mengering. Selama proses pasti akan terasa dingin pada kulit wajah, dari sanalah nama bedak dingin berasal. Setelah dirasa sudah cukup, tinggal bilas wajah menggunakan air dingin.

Ada beberapa manfaat yang diberikan oleh perawatan wajah secara tradisional dengan bedak dingin
Menghilangkan jerawat
  • Jerawat adalah salah satu masalah wajah yang paling sering muncul pada para remaja. Penggunaan bedak yang memberikan sensasi dingin ini dipercaya dapat mengompess jerawat sehingga cepat hilang. Resiko infeksi dan perasaan tidak nyaman pun bisa berkurang.
  • Memutihkan kulit, Bahan pembuat bedak dingin adalah beras putih dan bengkuang. Keduanya dikenal sebagai bahan alami yang ampuh memutihkan wajah jika dipakai teratur. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga dipercaya dapat mencerahkan wajah sehingga lebih mempesona
  • Melembabkan kulit, Seperti namanya bedak tradisional ini dapat mendinginkan kulit sehingga menjadi lebih lembab. Wajah yang sering memakai make up tentunya sulit bernafas dan kering, penggunaan bedak dingin dipercaya dapat mengatasinya. 
Bedak dingin yang tidak menggandung bahan kimia cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit. Siapa pun atau umur berapa pun dapat mencoba bahkan banyak lo ibu yang mengaplikasikannya pada kulit dedek bayi. Konon sensasi dingin dapat membuat kita tidur nyenyak.

Demikianlah artikel tentang Cara Tradisional Membuat Bedak Dingin Bengkuang dan Beras. Resep bedak dingin tradisional ini mudah untuk dikerjakan. Bahan lain seperti beras dan kencur ataupun beras dan kunyit itu langkah pengerjaannya sama. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.