--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Membuat Kacang Bawang Renyah dan Garing Untuk Lebaran

Tak terasa bulan Ramadhan akan berakhir dan lebaran hanya tinggal menghitung minggu. Sudah menjadi kebiasaan bahwa untuk menyambut lebaran tiap keluarga menyiapkan makanan, minuman dan cemilan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Biasanya ada nastar, kue keju, tape ketan hitam dan juga kacang bawang. Salah satu cemilan favorit keluarga kami adalah cemilan kacang bawang goreng yang renyah dan garing. Bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat kacang bawang renyah dan garing untuk lebaran bisa mencoba resepnya di bawah ini. Jangan lupa bila sudah jadi simpan dalam toples yang tertutup rapat agar kacang bawang buatan anda tetap garing, renyah dan tetap enak untuk dinikmati.

Cara Membuat Kacang Bawang Renyah dan Garing Untuk Lebaran

Kacang Bawang ini sudah umum dan lumrah ada saat lebaran dan menjadi pengisi toples yang selalu dicari di hari raya, awet dan kalau mau dibisniskan juga laku untuk dijual menjelang lebaran. Jangan lupa lengkapi dengan bawang putih iris goreng di sana sini, makin banyak makin sedap!

Resep Kacang Bawang 
Bahan:

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • 2 ltr air mendidih
  • 2 sdm garam
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang putih, iris tipis, goreng, sisihkan.
  • 1 kg minyak untuk menggoreng

Cara membuat Kacang Bawang :

  • Haluskan 5 siung bawang putih dan garam, campurkan kedalam air mendidih. Tuang kedalam kacang tanah. Biarkan kacang terendam sampai air dingin. Tiriskan.
  • Panaskan minyak, goreng kacang sambil aduk-aduk supaya matang rata, hingga kekuningan. Angkat. Tiriskan.
  • Tuang dalam nampan atau tampah yg dialasi koran bekas atau baiknya kertas Seven Snack Paper, taburi bawang putih goreng. Aduk rata.

Biarkan hingga dingin, lalu segera kemas dalam toples rapat.
Kenapa disarankan Seven Snack Paper? itu adalah kertas terbaik untuk menyerap minyak berlebih pada gorengan atau camilan Anda. Tapi masyarakat umum dari jaman dulu kala dan turun temurun biasanya sih praktisnya pakai koran bekas saja.

Cara Membuat Kacang Bawang Renyah dan Garing Untuk Lebaran

Nah bagaimana resep cara membuat kacang bawang renyah dan garing untuk lebaran ini? Cukup mudah kan? Sebagai catatan hati-hati pada waktu proses penggorengan jangan sampai telat sehingga kacang menjadi gosong dan jangan juga terlalu cepat diangkat sehingga kacang belum matang. Perhatikan warna kacang saat digoreng.

Oke Selamat mencoba
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.