My Lavender

My lovely diary about everything

Dokita (Dokter Kita): Aplikasi Konsultasi Kesehatan Via Ponsel

Dokita - Dokter kita via ponsel
Dokita - Dokter kita via ponsel

Kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Begitu pula dengan kesehatan. Di saat kita merasa perlu saran dan nasehat mengenai kesehatan atau saat ada hal yang tidak ketahui mengenai suatu kondisi penyakit anda dapat memanfaatkan fasilitas Dokita di ponsel. Apa itu Dokita? Dokita (Dokter kita), Aplikasi konsultasi kesehatan via ponsel. Sangat praktis bukan? Aplikasi ini merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan anda dan langsung dijawab oleh tim dokter profesional dari berbagai spesialisasi. Sara mereka merupakan saran dokter profesional untuk tindakan awal sebelum memutuskan pergi ke tempat dokter atau rumah sakit.

Profesi dokter adalah pekerjaan yang mulia. Bagaimana tidak, mereka menolong orang yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan. Namun, jumlah dokter yang tersedia di Indonesia saat ini belum ideal untuk menangani penduduk. Dari jumlah 70 ribu dokter yang dibutuhkan, baru tersedia sekitar 40 ribu dokter saja. Perbandingan antara jumlah penduduk dengan dokter saat ini adalah 1:3400, yang artinya satu orang dokter menangani 3400 penduduk.

Dokita : Aplikasi Konsultasi Kesehatan Via Ponsel
Nah, dengan alasan tersebut dan dilandasi dengan sifat mulia, sejumlah dokter, researcher dan IT profesional membangun layanan gratis berbentuk aplikasi yang bisa diakses dari perangkat cerdas favorit seperti Android, BlackBerry, iOS, bahkan Symbian dan Windows Phone. Aplikasi tersebut bernama Dokita. Anda hanya perlu memasukkan sedikit informasi dari diri Anda sebelum dapat mulai berkonsultasi.

Tim dokter yang akan menjawab pertanyaan Anda terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan spesialis. Sebut saja dr. Sutopo Widjaja, MS. yang merupakan dokter umum bersama dr. Agus, dr. Jeffry Rustandi dan dr. Dollar, Dra. Lidwina sebagai Psikolog Anak, dr. Ferdi Fadilah sebagai Dokter Anak, serta drg. Joshua Calvin yang akan menjawab keluhan Anda seputar gigi dan mulut.

Anda yang berprofesi sebagai dokter juga dapat bergabung ke dalam tim Dokita dengan mengunjungi laman berikut. Sayangnya, Anda hanya bisa menyampaikan pertanyaaan kepada mereka pada hari dan jam kerja saja, alias Senin-Jum’at mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Di luar jam itu, seperti yang kami alami saat mencobanya, Anda tak akan dapat mengirimkan pertanyaan. Ini agak bertentangan dengan tagline Dokita sendiri, Konsultasi Masalah Kesehatan Di mana dan Kapan Saja seperti yang bisa Anda saksikan pada video di bawah.

Mungkin hal tersebut untuk menghindari penumpukan pertanyaan yang bisa menyebabkan tim dokter tidak fokus dalam menjawab pertanyaan Anda. Karena saat kami mencoba bertanya di jam yang ditentukan, jawaban sudah bisa diterima dalam waktu paling lama satu jam. Namun berhubung tidak ada notifikasi pesan masuk yang menyertai, maka Anda harus rajin-rajin mengecek inbox di aplikasi Dokita.
Salam Sehat Selalu, Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat pembaca!



Terima kasih telah membaca artikel berkategori News berjudul Dokita (Dokter Kita): Aplikasi Konsultasi Kesehatan Via Ponsel. Silahkan bookmark halaman ini dengan URL http://aira-09.blogspot.com/2012/12/dokita-dokter-kita-aplikasi-konsultasi.html.
Ditulis oleh: Kirana Wulandari - Rabu, 19 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Dokita (Dokter Kita): Aplikasi Konsultasi Kesehatan Via Ponsel"