--> Skip to main content

Kolom iklan

Membuat Sabun Cuci Piring Bahan Alami Dan Aman Untuk Kesehatan

Membuat Sabun Cuci Piring Bahan Alami - Biasa mencuci piring sendirikan? Yakin dengan aman dan sehat dengan bahan-bahan yang terkandung dalam sabun cuci piringnya? Sabun cuci piring selain belum tentu aman dan sehat bagi kesehatan tubuh juga belum tentu baik untuk lingkungan limbah air cuciannya. Ada Cara membuat sabun cuci piring bahan alami dan aman untuk kesehatan. Hasilnya pun hampir sama kualitasnya dengan yang dijual dipasaran jenis sabun ini berbentuk cairan kental yang identik dengan warna hijau mirip dengan sunlight, mama lemon.

Cara membuat sabun cuci piring bahan alami dan aman untuk kesehatan

Sabun Cuci Piring Jaman Dulu
Sabun cuci jaman dulu biasanya menggunakan abu gosok yang dicampur air dan deterjen dan di gosok dengan sabut kelapa. Masih ingat kan? Tapi cara lama ini sudah banyak ditinggalkan orang karena tidak praktis dan ribet. Sabun cuci piring seperti sunlight tidak hanya menghilangkan kotoran yang menempel namun juga bisa menghilangkan bau tidak sedap.  Coba anda pikirkan bagaimana kalau meracik sendiri sabun cuci piring? Memakai bahan alami yang lebih ramah lingkungan dan tentunya aman meskipun masuk ke tubuh manusia? Di bawah ini adalah kisah dari Nasirin, seorang siswa dari SMK Negeri 1 Palembang.

Cara Membuat Sabun Cuci Piring Sederhana
Nasirin berhasil menciptakan sabun cair cuci piring herbal atau yang kemudian dikenal dengan nama "SaHer". Bahan yang digunakan adalah bahan alami seperti jeruk nipis, daun pandan, garam dan bahan kimia bernama texapon.

Daun pandan sendiri memang terkenal sebagai daun dengan aroma yang wangi, selain itu pandan juga dapat memberikan warna hijau pada sabun herbal. Bahan lain yaitu jeruk nipis merupakan senjata para ibu untuk menghilangkan lemak membandel.

Texapon adalah bahan kimia yang mampu mengangkat lemak dan kotoran. Sering kali gunakan dalam industri produk pembersih seperti sabun cuci piring, pembersih tangan ataupun shampoo. Anda bisa mendapatkannya di toko kimia terdekat.

Inovasi yang bermanfaat ini bermula ketika Nasirin melihat sang ibu yang mencuci piring namun bau masih tercium. Dengan bimbingan dari guru dan dukungan dari teman-teman di sekolahnya, Nasirin dapat meracik sabun tersebut.

Bahan Sabun Cuci SaHer:
  • Daun pandan secukupnya
  • Texapon 20 ml
  • Air 500 ml
  • Perasan jeruk nipis
  • Garam
  • Alat:
  • Blender
  • Saringan
  • Pengaduk
  • Baskom
  • Botol

Langkah Membuat Sabun Cuci:

Daun pandan dipotong-potong lalu diblender dengan sedikit air hingga hancur lalu disaring dan diambil airnya saja. Masukkan ke dalam baskom lalu tambahkan larutan texapon yang nanti dapat mengeluarkan busa yang akan mengikat kotoran.

Campurkan air, garam dan perasan jeruk nipis lalu aduk-aduk hingga mengeluarkan busa sebanyak mungkin. Diamkan sekitar 2 hari sampai busa menghilang dan cairan menjadi lebih kental. Tinggal dikemas dalam botol tertutup.


Sabun cuci piring ala Nasirin ini telah diperjualbelikan di warung dan supermarket daerah Palembang. Pihak sekolah pun telah mencoba mendaftarkan hak paten untuk memasarkan sabun satu ini. Ya mudah-mudahan mampu berkembang dan menjadi sabun cuci kebanggaan Indonesia.

Demikian artikel tentang  Membuat Sabun Cuci Piring Bahan Alami Dan Aman Untuk Kesehatan. Tentunya supaya lebih steril gunakan air yang mengalir untuk membilasnya dan bila perlu menggunakan sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan sabun.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.