Skip to main content

Kolom iklan

Pemberian Nama Bisa Berpengaruh Pada Nasib Baik Dan Buruk Di Masa Depan

Bagi calon ibu dan bapak yang akan memiliki bayi tentunya sangat senang dan berharap bayinya terlahir sehat dan bahagia. Selain dari itu tentunya masalah nama bayi juga akan jadi pertimbangan bagi calon ibu bapaknya. Berdasarkan hasil penelitian berhati-hatilah dalam memberi nama pada anak anda karena pemberian nama bisa berpengaruh pada nasib baik dan buruk di masa depan bagi anak tersebut. Biasanya berdasarkan keyakinan masyarakat secara umum sering diartikan 'nama adalah doa.' Sehingga tiap orang tua pastinya akan memikirkan rangkaian nama yang baik bagi calon anaknya kelak. Biasanya arti nama anak akan memiliki arti yang baik - baikd an terpuji apakah itu dari bahasa indonesia, inggris, arab ataupun dari bahasa sansekerta.

Pemberian Nama Bisa Berpengaruh Pada Nasib Baik Dan Buruk Di Masa Depan

Namun benarkah hal ini akan berpengaruh nantinya pada kehidupan sang anak di masa depan? Dapatkah ilmu pengetahuan menjelaskan secara ilmiah bagaimana hal ini bisa berpengaruh?

Hasil Peneletian Pengaruh Nama Pada Anak di Masa Depan

Ternyata hal ini cukup erat kaitannya dengan sains, di mana penamaan anak punya dampak yang cukup serius dalam jangka panjang. Berbagai riset ternyata telah menunjukkan kalau sebuah nama saja bisa mempengaruhi berbagai hal seperti kesuksesan hingga popularitasnya di masa depan.

Hal ini tidak serta merta merupakan 'doa' yang jadi pengaruh, namun bagaimana penamaan seorang anak mempengaruhi bagaimana pandangan orang lain terhadap dirinya.

Dilansir dari Medical Daily, seorang profesor yang meneliti tentang hal ini menyatakan bahwa ada 4 kategori sebuah nama dipandang masyarakat: dipandang sebagai nama yang beretika dan perhatian, nama yang menyenangkan dan populer, nama feminin, serta nama maskulin. Menurut sang profesor, sebuah nama bisa dianalisa bagaimana nama tersebut masuk dalam kategori apa Sebuah nama bisa mencetak angka tinggi di sebuah kategori, namun bisa sangat rendah di kategori lain.

Sebagai contoh, sang profesor menemukan kesimpulan dari riset bahwa guru akan memberi nilai lebih baik pada seorang siswa dengan nama yang terdengar pintar. Selain itu, para pemilih untuk ajang kontes kecantikan akan cenderung memilih kontestan dengan nama yang feminin.

Baca Juga : Indikasi Cacingan Pada Balita Dan Pencegahannya

Jadi dalam memberi nama anak, jika Anda memberi nama anak dengan nama yang terdengar jenius, dia bisa jadi akan benar-benar pintar. Begitupun dengan memberi nama anak dengan nama yang sangat feminin, dia akan tumbuh jadi anak yang cantik.

Pengaruh Nama Berdasarkan Kultur Pada Nasib Anak

Selain itu, kultur juga sangat berpengaruh. Menurut sang profesor, nama yang mengandung unsur nama orang kulit hitam akan lebih sulit diterima kerja ketimbang nama dengan kulit putih. Mungkin jika konteksnya dibawa ke Indonesia, seseorang dengan nama yang mengandung kosa-kata yang diambil dari Kitab Suci tertentu akan lebih mudah diterima kerja di lingkungan kerja yang punya latar belakang agama yang sama.

Pemberian Nama anak Berpengaruh Pada Nasib di Masa Depan

Baca Juga : Kumpulan Nama Unik Bayi Jepang Dan Artinya

Namun, hal ini cukup kontras dengan keadaan saat ini di mana nama anak jadi makin unik. Hal ini ternyata punya konsekuensi tertentu lho.

Beberapa studi yang dimuat di New York Times, menyebut bahwa seorang anak dengan nama yang tidak lazim dan terlalu unik, cenderung punya nilai yang jelek secara akademik, dan tidak terlalu populer dibanding teman-temannya yang lain.

Dari studi yang sama, banyak ditemukan kasus di mana anak-anak dengan nama unik pada akhirnya punya sifat yang 'aneh', meski pada akhirnya hal tersebut ternyata tidak buruk dan justru bagus di beberapa aspek seperti kreativitas dan karya.

Anda pun sebaiknya tak memberi nama anak terlalu unik jika ingin anak Anda bekerja di perkantoran, karena menurut studi yang sama, para bos terkadang hanya menghakimi para pelamar kerja yang akan bekerja di perusahaannya hanya berdasarkan nama.

Baca Juga : Awas Bahaya Baterai Kancing Bagi Anak Kecil!!

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pemberian nama bisa berpengaruh pada nasib baik dan buruk di masa depan pada anak. Terlepas dari benar atau tidaknya kecenderungan nasib anak berdasarkan nama berdasarkan kajian ilmu pengetahuan, menurut penulis nasib seseorang lebih ditentukan oleh lingkungan yang baik, pendidikan akhlak, etika dan bimbingan orang tua dan keluarga jadi apapun namanya asalkan berkelaluan baik dan berpendidikan kesuksesan pasti tidak mustahil dapat diraihnya. Setuju?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.