--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Mengobati Sinusitis Dengan 5 Jenis Obat Herbal Sinusitis Alami

Penyakit sinusitis biasanya akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan menderita sepanjang hari. Rasa pusing dan kadang disertai demam yang tak kunjung sembuh. Sinusitis itu berbeda dengan pilek biasa atau influenza. Gejalanya memang seperti flu yaitu demam dan bersin-bersin tapi sinusitis ciri khasnya adalah migren yang cukup parah, hidung berair dan ingus kental berwarna kuning atau hijau. Nah di bawah ini ada cara mengobati sinusitis dengan pilihan 5 jenis obat herbal sinusitis alami dan tradisional yang bisa anda buat sendiri di rumah. Jangan anggap sepele penyakit ini karena jika tidak cepat diobati akan lama sembuhnya.

Cara Mengobati Sinusitis Dengan 5 Jenis Obat Herbal Sinusitis Alami

Sinusitis adalah kondisi pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Kondisi sinus yang sehat seharusnya dipenuhi dengan udara. Namun, saat sinus tersumbat oleh cairan, maka akan ditumbuhi kuman yang akhirnya menyebabkan infeksi. Inilah yang dikenal sebagai penyakit sinusitis (sering disingkat jadi sinus saja). Infeksi ini bisa menyebabkan penyumbatan dan rasa tidak nyaman. Beberapa obat sinusitis alami berikut mampu meredakan gejala-gejala.

Obat sinusitis alami yang mudah Anda temukan di rumah

1. Bawang putih
Bawang putih merupakan bumbu tradisional yang banyak digunakan dalam olahan-olahan makanan. Bahkan rasanya, jarang sekali masakan Indonesia yang tidak menggunakan bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Ternyata bahan ini juga punya manfaat baik untuk kesehatan Anda sebagai salah salah satu obat sinusitis alami.

Bawang putih tidak hanya berguna untuk meredakan infeksi sinus secara alami, tapi bisa untuk mencegahnya sejak awal. Sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi bawang putih selama musim dingin mampu menghangatkan tubuh sekaligus menyembuhkan sakit flu. Pasalnya, senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih mampu membunuh bibit penyakit.

Bawang putih terkenal memiliki rasa pedas dan aroma yang tajam, untuk itu Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan campuran jus tomat dan jus lemon yang dipanaskan dalam panci selama beberapa menit. Konsumsi minuman ini selama dua kali sehari sampai infeksi sinus mereda atau bahkan hilang.

Cara Mengobati Sinusitis Dengan 5 Jenis Obat Herbal Sinusitis Alami

2. Jahe
Jahe kerap kali diolah menjadi minuman sehat yang bisa memberikan efek hangat pada tubuh Anda. Ternyata di balik itu, jahe juga bermanfaat untuk meringankan infeksi sinusitis dengan bantuan antiradang alami yang mampu mengurangi pembengkakan di selaput hidung. Studi menunjukkan peran jahe dalam mengobati sinus dengan menekan produksi lendir dan meringankan pusing pada kepala Anda.

Jika Anda ingin mencoba obat sinusitis alami dari bahan dasar jahe, olahan teh jahe bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebab uap yang dihasilkan dari teh jahe mampu meredakan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

3. Cuka sari apel
Obat sinusitis alami lain yang bisa Anda gunakan yaitu cuka sari apel. Pasalnya, bahan alami ini kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A, E, B1, B2, kalsium, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala alergi akibat sinusitis.

Dilansir dari Medscape General Medicine, cuka sari apel telah lama digunakan untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi. Sebuah studi dari University of North Carolina School of Medicine, menyatakan manfaat cuka sari apel dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cuka sari apel bukanlah sebagai pengganti antibiotik dari dokter, tapi hanya dipakai untuk mempercepat penyembuhan peradangan.

Pengobatannya bisa dilakukan dengan mencampurkan dua atau tiga sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air panas, lalu tambahkan madu atau lemon untuk menambah cita rasanya. Setelah rutin mengonsumsi ini, perhatikan warna lendir Anda akan berubah menjadi lebih jernih. Penipisan lendir inilah yang menandakan infeksi sinusitis Anda telah membaik.

4. Kunyit
Kunyit yang sering Anda temukan diantara bumbu dapur ini ternyata memiliki khasiat antiradang yang disinyalir mampu mengobati infeksi akibat sinusitis. Selain itu, senyawa utama kurkumin dalam kunyit juga efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan rongga sinus yang terinfeksi.

Penelitian yang dilakukan oleh University of California menyatakan bahwa kunyit mengandung antibiotik dan antivirus yang baik bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan beberapa kunyit dan jahe lalu seduh bersama teh panas. Kombinasi ini bisa membantu menenangkan saluran hidung Anda yang tersumbat dengan mengonsumsinya beberapa kali dalam sehari. Minum jamu kunyit juga bisa jadi pilihan obat sinusitis alami.

5. Minyak oregano
Apakah Anda adalah salah satu penggemar oregano? Ya, oregano memang umumnya ditemukan dalam bentuk daun yang telah dikeringkan dan berukuran sangat kecil. Biasanya, sering digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Tak hanya itu, ternyata daun dan bunganya bisa menghasilkan minyak oregano yang bermanfaat untuk pengobatan sinusitis, lho.

Di balik penampilannya yang sederhana, tak disangka bahwa kandungan bahan-bahan alami dalam minyak oregano sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, yakni memiliki dua senyawa, carvacol dan timol, bersifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Serta mempunyai sifat antiinflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit dari pembengkakan di rongga hidung, dengan begitu dapat membebaskan aliran lendir di saluran pernapasan, dilansir dari Healthline.

Saran penggunaannya bisa dilakukan dengan menambahkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam semangkuk air mendidih, kemudian tutup mata Anda sembari menghirup aromanya. Lakukan hal ini selama beberapa menit dan ulangi prosesnya dua kali sehari selama pagi dan malam hari, hingga keluhan sinusitis berangsur-angsur membaik.
Baca Juga : Cara Cepat sembuhkan Sinus Dan Migren Dalam Lima Hari Saja!
Demikianlah ulasan mengenai obat herbal alami sinusitis dan cara mengobatinya. Semoga beberapa pilihan obat tradisional sinusitis ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share dan bagikan pada sahabat, relasi dan keluarga anda karena siapa tahu mereka sedang membutuhkannya saat ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.