--> Skip to main content

Kolom iklan

MANFAAT PUASA DAN KESEHATAN

Hikmah Puasa selain dari sisi agama, yaitu menahan hawa nafsu, ibadah dan menumbuhkan rasa ikhlas dan sosial juga memiliki manfaat lainnya. Bila dipilah dari sisi kedokteran Puasa memiliki Manfaat bagi kesehatan. Manfaat Puasa dan kesehatan memiliki hubungan secara langsung. Tubuh dalam proses berpuasa akan mengalami perbaikan kesehatan tubuh.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Secara ringkasnya ialah :

·         Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pada minggu pertama puasa belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh (minggu kedua), penambahan sel darah putih pesat sekali. Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh.
·         Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
·         Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Misal ketika mengalami stres, hormon insulin dan adrenalin yang mengatur waktu lapar terganggu sehingga nafsu makan hilang atau bahkan datang lebih cepat. Kekurangan produksi hormon insulin berakibat munculnya penyakit diabetes, sedangkan bila berlebihan tubuh akan menderita hiperglikemia. Pada saat puasa orang akan bersabar dan berusaha menahan amarah dan senantiasa pasrah pada Tuhan. Hal itu akan membuat fungsi hormon berjalan normal sehingga irama hidup lebih harmonis.
·         Meremajakan sel-sel tubuh. Ketika kita berpuasa, organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya.
·         Meningkatkan fungsi organ tubuh. Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.


Selain dari itu memiliki Manfaat khusus sebagai berikut :

·         Mengatasi kecanduan kafein, rokok, nikotin, narkoba dan alkohol.
·         Puasa membantu menurunkan kadar kolesterol.
·         Puasa mengurangi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, kembung, dan gastritis.
·         Puasa dengan kontrol pada penderita diabetes membuat perubahan gaya hidup dan pola makan sehingga akan memperbaiki kondisi mereka.
·         Puasa meningkatkan kewaspadaan mental. Racun yang dibersihkan dari sistem limfatik meningkatkan konsentrasi dan energi untuk melakukan aktivitas.


Begitulah ringkasan manfaat puasa bagi kesehatan yang aku kumpulkan dari berbagai sumber.
Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.