--> Skip to main content

Kolom iklan

TAHAPAN KEMAMPUAN BICARA BALITA

Memiliki anak sebagai buah hati merupakan anugerah. Setiap pertumbuhannya, hari demi hari sangat berkesan bagi orang tuanya.
Perkembangan bayi secara fisik dan emosional menumbuhkan kasih sayang tiada tara bagi Ayah bundanya. Salah satunya adalah Tahapan kemampuan bicara Balita yang aku ketengahkan kali ini.
semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya.


Usia 5-7 bulan: Keluar ocehan (babbling)
·         Di usia ini bayi mulai mengeluarkan suara ocehan pendek berupa suku kata (gabungan huruf mati dan huruf hidup), seperti “ba”, “da”. Ocehannya masih terbatas pada bunyi-bunyi eksplosif awal yang muncul karena adanya perubahan mekanisme suara.
·         Bayi amat senang dengan bentuk komunikasi berupa ocehan ini. Jika gembira bermain, bayi akan mengeluarkan ocehan yang lebih lama dan panjang. Ocehan ini kelak akan berkembang menjadi celoteh (memadukan berbagai suku kata) dan selanjutnya menjadi kata demi kata.
·         Di usia ini, bayi juga mulai belajar mengomunikasikan perasaannya tidak melulu lewat tangisan. Kalau ia tak suka, misalnya, ia mengeluarkan suara seperti melenguh. Sebaliknya, jika sedang merasa senang, ocehannya bertambah keras. Bahkan akan menjerit kesenangan meski belum dengan nada tinggi.

Usia 8 - 15 bulan
·         Balita mulai aktif dalam bergumam ketika bermain sendirian. Momen ini sangat menarik untuk diperhatikan para orang tua.
·         Mulai lebih ekspresif dalam bersuara ketika diajak bercanda, misalnya menjerit kegirangan dan bersuara dengan nada riang yang cukup panjang
·         Mulai aktif mengajak bicara orang tuanya dengan gumam dan nada bermain, kata mulai keluar dengan dua suku kata atau pengulangan kata. Mama, mamam .. dst.

Usia 15 - 18 bulan
·         Menyimak adegan di TV bila Anda dampingi
·         Melaksanakan secara runtun instruksi-instruksi sederhana, misalnya, segera memberi mainan yang dipegang ketika anda memintanya.
·         Mengucapkan kalimat sederhana yang terdiri dari 2 kata, misalnya "dah bis" (sudah habis). Sering mengatakan "tidak", yang mungkin akan terdengar sebagai "nggak".
·         Menyebutkan 3 anggota tubuhnya, seperti mata, rambut dan telinga.

Usia 18 - 24 bulan
·         Mulai memahami kalimat yang relatif panjang dan bisa mengerti penjelasan Anda.
·         Menirukan cara dan gaya tubuh Anda ketika berbicara.
·         Menyebutkan namanya sendiri bila menginginkan sesuatu.
·         Mampu berbicara dalam kalimat yang terdiri atas 2 kata, misalnya, "Aya pipis" atau "Aya minum".

Menyaksikan anak kita tumbuh hari demi hari merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Setiap hari seperti anugerah yang Tuhan beri lewat hadirnya buah hati tercinta ini.
Selamat pagi sahabat semoga harimu indah seperti yang sahabat harapkan.. :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.