Skip to main content

Hati-hati Efek Kafein Pada Kehamilan

Kehamilan merupakan anugerah dari illahi dan bagi calon ibu yang menjalaninya sepantasnya untuk menjaganya. Hal utama untuk sang calon ibu adalah menjaga asupan nutrisi, memperhatikan jenis makanan dan minumannya yang dikonsumsinya. Terutama konsumsi kafein yang umumnya pada kopi, teh dan bahkan coklat. Hati-hati Efek Kafein Pada Kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan janin dalam rahim. Penjelasan singkatnya akan diuraikan di bawah ini.

Kafein merupakan merupakan salah satu zat yang digunakan orang dalam obat maupun dalam makanan sehari-hari yang bisa didapatkan dengan mudah, misalnya saja, pada kopi, cokelat, berbagai teh maupun soft-drink, repotnya, kafein didalam berbagai makanan dan minuman itu sekalipun tidak dianggap sebagi obat, tetapi dapat mempengaruhi / meningkatkan denyut jantung. Dengan dosis tinggi, kafein dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, dan rasa berdebar-debar.

Kafein juga dapat menyebabkan peningkatan hormon epinefrin, dan menyebabkan ibu dan janinnya stress. Peningkatan kadar epinefrin ini akan mengurangi aliran darah ke rahim, sehingga mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke janin pula. Rata-rata orang di Amerika mengkonsumsi 206 sampai 210 miligram kafein setiap harinya atau sekitar 1,5 cangkir kopi. Sementara wanita hamil di sana rata-rata mendapatkan 144 mg kopi setiap harinya. 

Kafein yang diminum oelh ibu hamil itu, tidak hanya dapat melintasi plasenta dan memasuki aliran darah janin. Hal ini terjadi antara lain karena hati pada janin belum mampu memproses kafein secepat ibunya, sehingga kafein itu akan tinggal di sistem peredaran darah janin dalam waktu yang lebih lama.

Sebagai tambahan tips, mungkin bagi calon ibu atau pasangannya agar selalu memperhatikan kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsinya sang ibu dan teliti dalam mengkonsumsinya (tidak berlebihan), kesehatan janin tentunya adalah hal yang utama. 
Semoga artikel singkat ini bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkannya. Salam.. :)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.