--> Skip to main content

Kolom iklan

4 Jenis Makanan Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan
Pencernaan anda kurang lancar? Sembelit? Atau (maaf) sulit BAB? Hal ini disebabkan makan yang tidak teratur dan kurang makanan berserat maka pencernaan tidak lancar. Coba cara alami dengan mengkonsumsi 4 jenis makanan untuk melancarkan pencernaan, jangan terbiasa gunakan obat pencahar karena kurang baik bagi kesehatan. Bila pencernaan lancer maka pencernaan bisa menjadi sumber energi, intuisi, dan umur panjang.  Kita coba Tips perncernaan lancar dengan makanan di bawah ini.

Gangguan yang umum dialami adalah kesulitan BAB. Daripada minum obat pencahar, sebaiknya atasi dengan konsumsi makanan alami ini.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa bisa jadi alternatif untuk mentega dan minyak goreng. Tidak seperti minyak lainnya, minyak kelapa mengandung antimikroba dan asam lemak yang dapat meningkatkan kelancaran pencernaan, kekebalan tubuh, energi, dan metabolisme. Bila mungkin, tak ada salahnya untuk menggunakan minyak kelapa yang organik dan untuk menggoreng atau memanggang sayur.

2. Minyak Samin (Ghee)
Ghee banyak digunakan pada makanan India yang membuat masakan lebih harum. Mengandung lebih banyak lemak, tetapi tidak mengandung gula dan laktosa. Tidak seperti mentega, baunya tidak akan tengik bila disimpan di dalam ruangan, dan tahan hingga setahun. Sementara minyak dan lemak lain dapat memperlambat sistem pencernaan, minyak ini malah merangsang sistem pencernaan dengan mendorong sekresi asam lambung untuk memecah makanan.

3. Kaldu Tulang
Kaldu tulang mudah dikonsumsi. Dapat mengurangi peradangan dan juga melindungi infeksi perut. Gelatin yang terdapat di dalamnya bisa menyembuhkan penyakit perut, dan mendukung pencernaan. Kaldu ini mengandung mineral, kalsium, fosfor, dan glukosamin.

4. Sayuran Fermentasi
Sayuran sendiri saja sudah mengandung banyak serat. Apalagi jika sayuran tersebut difermentasikan. Acar, kimchi, dan sauerkraut, adalah makanan yang baik untuk detoksifikasi, yang membuang bahan-bahan asing dalam tubuh. Tingginya tingkat probiotik dalam sayuran inilah yang menjadikan sayuran ini memperlancar pencernaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.