--> Skip to main content

Kolom iklan

RESEP MEMBUAT CINGCAU HIJAU SENDIRI

Resep Cingcau hijau
Hari Sabtu kemarin ketika aku sedang bersih-bersih halaman rumah lewatlah seorang Tukang es depan rumah. Si Abang tukang es berhenti sejenak dan tak berapa lama kemudian bertanya. “Bu Daun cingcaunya boleh saya borong ga?” Sejenak aku terpana  (emang liat artis?..hehe). Aku melihat tangan si abang es yang menunjuk tanaman cingcau di sudut rumah yang tumbuh cukup subur. Waduhh malah bercerita nih, padahal kan mau bahas Cara membuat atau Resep membuat Cingcau hijau sendiri. Ga apa-apa ya? Kita terusin dulu ceritanya.

Ga dijual Mang itu tanaman milik suami saya, harus ditanyain dulu” Jawabku
Ohh ga apa-apa bu, tapi nanti kalo mau dijual kasi tau saya ya bu kalau saya lewat sini lagi
Aku mengiyakan. Malam harinya ketika suamiku pulang kerumah kukabarkan perihal tawaran si Abang es tadi. Jawab suami saya enteng saja, “Coba buat aja cingcau hijau sendiri bu, kalo bisa dan bermanfaat mending kita konsumsi sendiri” Nah dari sinilah jadi muncul ide untuk buat Resep Cara buat Cingcau hijau sendiri.

Cara dan Resep Membuat Cingcau Hijau
Daun yang digunakan untuk membuat cincau hijau ini harus yang tipis dan lemas. Kalo yang tebal dan kaku, rasanya akan pahit. Untuk daunnya perhatikan saja yang pangkal daun berlekuk, tengah melebar dan ujungnya meruncing dengan panjang antara 5 sampai 16 sentimeter. Tepi daun berombak dan permukaan bawah daun berbulu halus, sedangkan permukaan atas daun berbulu jarang dan terasa kasar bila dipegang. Petik yang warnanya hijau tua, tetapi jangan yang sudah terlalu tua. Kalau lagi rimbun, bisa petik daunnya banyak. Tapi kalau sedang tidak berdaun, jangan diambilin dulu daunnya deh.

Resep Es cingcau hijau
Bahan Membuat Cingcau Hijau:
  • 20 lembar daun cincau hijau
  • 1 gelas air matang
  • madu

Cara Membuat Cingcau Hijau :
  1. Remas daun cincau hingga keluar gel yang berwarna hijau tua sambil ditambahkan 1 gelas air matang sedikit demi sedikit. (semakin banyak air, agar-agar dari cincaunya akan lebih lembek)
  2. Saring dengan kain halus untuk bisa diambil airnya saja, pindahkan kedalam wadah yang bersih.
  3. Biarkan di tempat dingin (atau di lemari es) hingga mengeras dan menjadi agar-agar
  4. Setelah keras, potong2 dengan cara disendoki, taro dimangkok untuk disantap

Penyajian:
Taruh di dalam mangkok, beri madu dan air matang yang dingin.
Alternatif: taruh di dalam mangkok, kasi air santan, sirup merah atau sirup gula jawa dan es serut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.