--> Skip to main content

Kolom iklan

Google For Kids, Mesin Pencari Google Untuk Anak

Google For Kids
Kebutuhan anak terhadap internet semakin tinggi seiring semakin familiarnya peran komputer dalam kehidupan sehari-hari. Salahsatunya adalh peran mesin pencari di dunia maya. Dengan mengusung “Child safe” bagi anak maka diluncurkanlah Google For Kids, Mesin pencari Google untuk anak dengan tujuan menjembatani kebutuhan informasi bagi dunia anak-anak dan aman bagi perkembangan diri si anak tersebut.

Inilah berita resminya. Kabar terakhirnya di California - Google mengerjakan proyek mesin pencari khusus anak-anak yang diberi nama
'Google for kids'. Layanan ini ditujukan agar anak terhindar dari konten pornografi atau konten dewasa.

Dilansir Neowin, Selasa (19/8/2014), Google memiliki inisiatif untuk merilis versi keamanan anak atau 'child safe' pada layanan mereka. Layanan ini antara lain akan menghadirkan panel kontrol khusus untuk orangtua, akun pengguna semi-terbatas pada layanan seperti YouTube dan Gmail.

Salah satu perlindungan terhadap anak-anak ialah halaman konfirmasi atau sebuah checkbox yang menanyakan usia pengakses website. Namun, ini tetap bisa diakali apabila anak menceklis tanda di kotak pada halaman website tersebut, padahal usianya masih di bawah 13 tahun.

Google dengan inisiatif barunya memungkinkan orangtua untuk lebih banyak terlibat secara langsung. Orangtua bisa mengontrol dan mengakses website yang dilihat oleh anak pada layanan YouTube.

Kabarnya, dengan akun Google 'child safe' ini, sistem akan otomatis melarang video eksplisit dan hasil pencarian, serta memungkinkan orangtua untuk memantau jika anak mencoba mengakses sebuah website.

Orangtua juga bisa memilih pengaturan custom untuk anak mereka berdasarkan apa yang boleh diakses dan apa yang tidak boleh dilihat pada saat browsing internet. Layanan ini juga akan berimbas pada pengguna reguler, di mana setiap pengguna Android harus mengungkap usia mereka saat mendaftar untuk layanan Google di perangkat mobile.
Mau lihat bagaimana refleks seorang ibu demi anaknya? coba baca saja Seorang ibu loncat dari lantai 3 selamatkan anaknya. hufft.. I love you mom.. :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.