--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Mudah Mematangkan Alpukat Mentah Dengan Cepat

Cara Cepat Mematangkan Alpukat - Suka dengan buah alpukat? Saya juga suka. Masalahnya buah alpukat yang tersedia di pasaran atau di supermarket biasanya buahnya masih mentah-mentah. Mungkin tujuannya agar buah alpukat tidak cepat busuk dan juga untuk menunjang distribusi buah ke pasaran. Bagi sahabat pembaca jangan kuatir sebenarnya ada cara mudah mematangkan alpukat mentah dengan cepat. Hanya 2-3 hari saja buah alpukat mentah menjadi matang sempurna. Cara-cara memeram buah alpukat mentah juga tahapannya diuraikan di bawah ini. Bagi anda yang suka alpukat silahkan menyimak artikel di bawah ini.

Cara Cepat Mudah Cepat Mematangkan Alpukat Mentah

Biasanya Alpukat dari produsen atau petani umumnya sudah cukup tua namun mentah, meskipun buahnya cukup besar tapi dagingnya masih keras. Hal ini mungkin strategi pasar saja dan disengaja tidak diperam dengan maksud sebagai antisipasi agar ketika sampai ke tangan pembeli, alpukat belum busuk dan diharapkan sudah matang. Namun karena disebabkan proses distribusi buah yang cepat dipasaran, akhirnya alpukat mentah pun sudah lalu terjual.

Alpukat yang masih mentah keras tentunya tidak bisa kita makan, jika dipaksakan pasti rasanya pahit dan kurang enak. Normalnya buah alpukat akan matang dengan sendirinya bila didiamkan sekitar satu minggu dan menghasilkan daging buah alpukat yang empuk dan manis untuk dikonsumsi. Terlalu lama?


Jangan khawatir, saat ini banyak " cara mematangkan alpukat mentah " dan sudah terbukti cepat dan efektif. Kita hanya perlu sekitar 2-3 hari saja agar dagingnya empuk dan siap disantap. Berikut adalah cara-caranya!

Cara Mematangkan Alpukat dengan Tisu

Untuk mendapatkan daging alpukat yang manis tanpa rasa pahit, kita harus memilih yang benar benar siap panen. Alpukat yang sudah tua ditandai dengan warna kulit yang berwarna hijau gelap dan mengkilat. Ketika dipegang akan terasa lembut, meskipun masih keras.

Dulu kebanyakan orang memeram alpukat dengan menyimpannya dalam wadah beras/ tepung dan tempat gelap. Hasilnya kadang kurang bagus, matangnya tidak merata dengan warna pucat.

Ada juga yang mematangkannya dengan microwave/ oven. Proses pemanasan memang terbukti membuat daging alpukat menjadi empuk. Sayang rasanya tidak segar, tidak cocok dikonsumsi langsung. Hanya bisa dijadikan campuran makanan lain.

Beberapa tahun belakangan ini muncul ide baru untuk mendapatkan kematangan yang sempurna. Metode dan alat yang digunakan sangat sederhana, cukup sediakan,
  • Tisu makan
  • Selotip/ lakban
  • Pisau.

Cara Mudah Cepat Mematangkan Alpukat Mentah Dan memeramnya

Cara Memeram Alpukat Mentah:
  1. Cuci alpukat dengan air mengalir lalu keringkan dengan kain lap kering
  2. Potong sedikit bagian pangkal (ujung yang ada bekas tangkai) dengan pisau
  3. Ambil tisu lalu gunakan untuk menutupi bekas potongan tadi. Gunakan 2 tisu agar lapisannya lebih tebal dan menutup lebih rapat.
  4. Ambil selotip, bungkus tisu hingga menempel erat pada buah alpukat
  5. Taruh di tempat yang kering dan gelap, tidak terkena sinar matahari. Misal di lemari dapur
  6. Setelah 2-3 hari bisa dicek. Coba goyangkan alpukat, jika terasa ada yang bergerak gerak berarti sudah matang
  7. Tinggal belah dengan pisau, tentunya dagingnya empuk dan cerah mirip mentega

Cara Menyimpan Alpukat yang Sudah Dibelah

Ketika masih mentah dan utuh, pasti lama sekali menunggu alpukat menjadi empuk siap olah. Hal berbeda jika alpukat sudah dibelah, proses oksidasi akan berlangsung lebih cepat sehingga daging berubah kecoklatan dan rusak.

Tidak seperti apel yang perubahan warnanya bisa diperlambat dengan perasa lemon/ jeruk nipis. Air yang asam itu tidak dapat mencegah efek oksidasi yang terjadi. Lantas apa yang bisa dilakukan? Selain itu Alpukat juga bisa digunakan sebagai jus penambah berat badan bagi orang-orang yang kurus dan sulit menambah berat tubuhnya.


Triknya sederhana, letakkan irisan bawang merah dengan potongan buah alpukat tanpa membuang bijinya. Simpan dalam wadah tertutup rapat di bawah freezer. Gas sulfur yang keluar dari bawang merah (bikin mata menangis) ini dapat memperlampat oksidasi pada daging alpukat. Selain itu juga ada sedikit info lain tentang manfaat lain dari alpukat yaitu sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit. Baca saja artikel lengkapnya.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Mematangkan Alpukat Mentah dengan Cepat. Tapi sekedar saran saja bagi anda yang membeli alpukat mentah coba teliti lebih seksama jangan membeli alpukat mentah yang terlalu muda dan keras karena kadang-kadang setelah diperam pun rasanya tetap tidak enak bahkan bukannya jadi matang tapi malah jadi busuk ketika diperam. Telitilah sebelum membeli.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.