--> Skip to main content

Kolom iklan

Wow! Air Kencing Ternyata Berkhasiat Mengobati Sengatan Ubur-Ubur

Ubur-ubur selintas terlihat lucu dan menggemaskan. Makhluk laut ini ternyata banyak yang memiliki racun sengatan yang berbahaya bagi tubuh manusia. Berhati-hatilah jika kita berenang di laut dan di sekitar kita terdapat ubur-ubur yang sedang berenang. Ada cara mengatasi disengat ubur-ubur disaat darurat yaitu dengan cara pengobatan yan unik ini. Wow! Ternyata air kencing berkhasiat mengobati sengatan ubur-ubur pada penyelam atau mereka yang tidak sengaja bersentuhan dengan ubur-ubur. Khasiat dan manfaat apa yang terkandung dalam air kencing ini? Yuk kita simak ulasannya.

Meledaknya populasi Ubur-ubur di pantai Ancol, Jakarta Utara
Ditemukannya ubur-ubur di Pantai Ancol, Jakarta Utara mengharuskan wisatawan waspada pada keberadaan hewan beracun tersebut. Sengatan ubur-ubur umumnya menyakitkan namun tak berefek serius. Namun hal tersebut bergantung pada jenis hewan, racun,dan reaksi tubuh korban. Dalam beberapa kasus, racun ubur-ubur menyebabkan korbannya sulit bernapas, pusing, hingga hilang kesadaran.

Dikutip dari Reader's Digest, petugas medis darurat di Kaiser Permanente, California Cindy Parker menjelaskan seputar penanganan luka sengatan ubur-ubur. Urine yang kerap dianggap bisa mengatasi efek sengatan ternyata hanya mitos. Racun dari nematosit berisiko menyerang areal kulit yang lebih luas bila disiram urine atau air tawar. Nematosit adalah bagian kulit dari tantakel ubur-ubur yang mengandung racun.

"Penanganan yang tepat adalah dengan cuka atau alkohol 40-70 persen yang dibasuhkan ke luka. Bagian tantakel yang tertempel di tubuh korban bisa dicabut sambil terus disiram cuka atau alkohol. Saat mengambil nematosit jangan lupa menggunakan sarung tangan dan perlengkapan lain untuk mencegah risiko infeksi. Bila bagian tantakelnya sudah tercabut, pasta baking soda bisa diberikan untuk mengatasi sakit pada korban," kata Parker.

Urine, terutama yang cair seperti air tawar, tak bisa menetralkan racun yang tersebar di sepanjang tantakel ubur-ubur. Hal ini berbeda dengan cuka atau alkohol yang bisa menurunkan konsentrasi racun pada tantakel, sehingga efek sengatan bisa segera tertangani.

Sebelum mengatasi efek racun, korban sengatan sebaiknya dipindahkan terlebih dulu dari pesisir pantai atau laut. Hal ini untuk menyediakan tempat yang lebih kondusif untuk penanganan luka sengatan. Korban sebaiknya tidak menggaruk bekas luka sengatan yang nematositnya sudah atau belum dihilangkan. Tindakan ini berisiko menyebarkan luka ke permukaan kulit yang lebih luas.
Baca Juga : Bahaya Kencing Di Kolam Renang
Demikianlah ulasan singkat mengenai berita munculnya fenomena banyaknya ubur-ubur di pantai ancol Jakarta utara dan juga cara mengobati sengatan ubur-ubur dengan menggunakan air kencing. Semoga saja hal ini bukan disebabkan Kerajaan ubur-ubur yang baru dibubarkan pemerintah.. hehe. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sahat pembaca.

Silahkan share dan bagikan artikel ini kepada sahabat, relasi, keluarga dan sahabat anda.

Sumber berita: health.detik.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.