--> Skip to main content

Kolom iklan

Penyebab Penyakit Batu Saluran Kemih Dan Ramuan Herbal Ampuh Untuk Mengobatinya

Pasti sahabat pembaca pernah mendengar penyakit gara-gara adanya batu di dalam saluran kemih. Konon rasa sakitnya sangat menyiksa penderitanya. Setiap kali buang air kecil pasti akan merasakan rasa sakit yang luar biasa dan bahkan bisa mengeluarkan darah. Penyakit ini dikenal juga sebagai penyakit batu ginjal. Untuk menambah wawasan mari kita ketahui apa saja faktor penyebab penyakit batu saluran kemih dan juga ramuan herbal berkhasiat yang ampuh untuk mengobatinya. Di indonesia ini banyak sekali bahan-bahan herbal yang memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat.

Penyebab Penyakit Batu Saluran Kemih Dan Ramuan Herbal Ampuh Untuk Mengobatinya

Batu saluran kemih atau kencing batu merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya gumpalan kristal mineral yang terjadi didalam sistem saluran kemih. Dan sistem saluran kemih yang termasuk ginjal, ureter atau saluran penghubung ginjal dan juga kandung kencing, kandung kencing dan uretra atau saluran yang menghubungkan antara kandung kencing dan juga dunia luar. Batu saluran kemih terbentuk di ginjal kemudian pindah ke saluran dibawah agar bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. dan batu dengan ukuran diameter lebih dari 3 mm maka akan tersangkut dan menyebabkan sumbatan ureter yang bisa memicu munculnya nyeri hebat, bendungan, dan bahkan beresiko menyebabkan kerusakan ginjal.

penyakit batu ginjal

Faktor penyebab batu saluran kemih berbeda-beda, antara lain adalah :
  • Akibat konsentrasi kristal yang tinggi dan pekat didalam air seni atau urine, faktor penyebab batu saluran kemih terjadi adalah karena mengalami dehidrasi atau kurang minum sehingga menyebabkan volume urine menjadi berkurang. Peningkatan pada ekskresi kristal, misalnya adalah karena mengonsumsi kalsium suplemen dalam jumlah yang tinggi, penyakit hiperpartiroid, dan penyakit gout atau asam urat tinggi.
  • Derajat keasaman atau pH didalam urine. Faktor penyebab batu saluran kemih juga bisa diakibatkan karena tingkat asam yang tinggi didalam urine. Normalnya pH urine adalah sekitar 5,85. Dan jika urine terlalu asam kurang dari 5,5 maka akan memicu terjadinya pengendapan batu oksalat dan asam urat, sebaliknya adalah jika kadar pH urine yang terlalu basa lebih dari 7,2 maka akan menyebabkan pengendapan kristal sitruvit didalamnya.
  • Faktor penyebab batu saluran kemih yang selanjuntya adalah akibat gangguan pada aliran urine sehingga menimbulkan bendungan dan juga pendengapan, dan antara lainnya adalah kelainan bawaan.
  • Faktor penyebab batu saluran kemih karena kurangnya inhibitor antara lain adalah akibat sitrat yakni zat yang bisa menghambat terjadinya pembentukan batu.
Gejala yang muncul pada penyakit batu saluran kemih biasanya tergantung dari lokasi dan juga ukuran batu. Batu di ginjal yang biasanya tidak menyebabkan munculnya gejala, keluhan biasanya hanya berbentuk nyeri atau sakit punggung. Dan jika batu berpindah ke arah ureter, maka akan menimbulkan gejala renal colic seperti :
  1. Nyeri yang hebat dibagian punggung dan dibawah iga
  2. Nyeri yang hilang timbul atau terasa bergelombang
  3. Nyeri yang meluas dan melebar ke perut bawah, paha, dan juga pada daerah sekitar alat kelamin.
  4. Nyeri saat sedang buang air kecil
  5. Keinginan buang air kecil yang sering
  6. Warna air kencing agak merah muda, merah, dan kecokelatan.
  7. Air kencing menjaid keruh dan berbau
  8. Mual dan muntah
  9. Demam yang disertai dengan adanya infeksi.
selain faktor penyebab batu saluran kemih diatas, dibawah ini adalah beberapa faktor resiko terjadinya penyakit batu saluran kemih :
  1. Faktor keturunan
  2. Pria, untuk 80% kasus biasanya lebih banyak terjadi pada pria
  3. Obesitas atau kelebihan berat badan
  4. Kurang minum
  5. Diet tinggi protein hewani
  6. Diet tinggi sodium
  7. Intake suplemen dengan kandungan kalsium yang tinggi
  8. Dan beberapa penyakit tertentu yang mendasarinya seperti hiperpartiroid, renal tubular acidosis, kista ginjal dll.
Obat Ramuan Herbal Penyakit Batu Saluran Kemih

Untuk membantu mengatasi masalah batu saluran kemih yang Anda alami, maka kami berikan resep untuk membantu mengatasi batu saluran kemih seperti dibawah ini :

Ramuan 1


Obat herbal Batu saluran kemih ginjal - Daun Meniran

Ambillah bahan-bahan seperti temulawak sebesar telur ayam 1 biji, daun tempuyung sebanyak 7 lembar, daun kumis kucing sebanyak 1 genggam, dan pohon meniran 4 batang. Cara meramu ramuan ini adalah cucilah semua bahan hingga bersih. Kemudian semua bahan dipotong kecil-kecil. Dan untuk temulawak sebaiknya di iris tipis-tipis. Rebuslah dengan 4 gelas air sampai yang tersisa adalah 2 gelas, kemudian angkatlah dari api, dan setelah itu saring kemudian didinginkan. Aturan minumnya adalah diminum 3 kali sehari dengan masing-masing aturan minumnya adalah ½ gelas.

Ramuan 2


Obat herbal Batu saluran kemih ginjal - Daun Kumis kucing


Ambillah daun kumis kucing sebanyak 1 genggam, daun keji beling sebanyak 7 lembar, pohon meniran 3 batang, dan kunyit 2 jari. Cara meramu ramuan ini adalah cucilah semua bahan hingga bersih, kemudian semua bahan tadi dipotong kecil-kecil, dan untuk kunyitnya sendiri dipotong tipis-tipis. Kemudian rebus dengan 4 gelas air. Biarkan sampai yang tersisa adalah 3 gelas saja. Setelah itu dinginkan. Dan minumlah 3 kali sehari dengan dosis sekali minumnya adalah ½ gelas.

Selain dengan mengonsumsi ramuan diatas, hal yang harus dilakukan dalam mencegah batu saluran kemih adalah ;
  1. Minumlah banyak air putih, minumlah 2,5 liter air putih dalam sehari.
  2. Membatasi asupan kalsium, karena biasanya tubuh kita tidak bisa menyerap kalsium melebihi jumlah yang diharuskan. Tetapi, untuk kondisi tertentu, kalsium memang diperlukan.
  3. Membatasi asupan oksalat karena oksalat dapat menyebabkan pembentukan kristal dari penyebab batu ginjal. Oleh sebab itulah, agar komplikasi akibat batu saluran kemih tidak terjadi sebaiknya jagalah asupan oksalat Anda.
Jenis makanan yang harus di jauhkan oleh gejala batu saluran kemih

Selain dengan gejala batu saluran kemih yang tertera diatas, ada juga beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan atau yang harus dijauhkan oleh penderita batu saluran kemih. Makanan makanan tersebut adalah :

Makanan yang terdapat bahan kimia
Makanan yang terdapat bahan kimia adalah makanan yang di dalamnya terdapat pemanis buatan dan pewarna buatan yang di buat oleh bahan bahan ynag mengandung zat kimia. Oleh sebab itu, Anda harus menghindarkan makanan yang mengandung bahan bahan kima, agar terhindar dari gejala batu saluran kemih, yang penyakit ini bisa merugikan diri Anda sendiri.

Makanan yang didalamnya terdapat alkohol
Makanan yang didalamnya terdapat kandungan alkohol adalah jenis makanan berupa, tape, buah kelengkeng, buah durian, serta buah nangka. Oleh sebab itu, bagi penderita penyakit batu saluran kemih, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang di dalamnya terdapat alkohol. Agar penyakit ini, tidak mudah kambuh dan muncul, yang penyakit ini sangat merugikan diri sendiri.

Makanan laut
Makanan laut adalah makanan yang seperti kerang, cumi cumi, kepiting, dan udang. Bagi penderita batu saluran kemih, di sarankan untuk menjauhkan makanan makanan laut. Yang makanan ini sangat berbahaya untuk penyakit batu atau infeksi saluran kemih ini. Yang pada umumnhya penyakit ini bisa merugikan diri Anda sendiri.

Makanan yang mengandung rasa pedas
Makanan yang mengandung rasa pedas ini, di sarankan untuk tidak di konsusmi oleh penyakit batu saluran kemih, karena makanan ini, bisa memicu terjadinya penyakit ini kambuh. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menghindarkan atau menjauhkan makanan makanan yang mengandung rasa pedas. Agar penyakit ini, dapat segera sembuh, yang pada umumnya penyakit ini, bisa merugikan diri Anda sendiri.

Makanan yang dimasak dengan proses dibakar
Makanan yang memiliki proses dibakar adalah makanan seperti ikan bakar, ayam bakar, serta sate, makanan makanan ini, harus di hindarkan oleh penderita penyakit batu saluran kemih. Yang makanan ini sangat berbahaya untuk penyakit batu saluran kemih, yang penyakit ini sangat merugikan diri Anda sendiri.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai apa saja faktor-faktor penyebab batu saluran kemih dan ginjal ini. Serta ramuan herbal ampuh yang mampu mengobatinya sampai tuntas tanpa operasi. Jika dirasa informasi ini bermanfaat silahkan share artikel ini kepada sahabat, relasi dan keluarga anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.