Skip to main content

KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA MELATI UNTUK KECANTIKAN DAN KESEHATAN

Bunga melati memiliki keistimewaan tersendiri, selain bunganya yang indah putih bersih bagaikan salju  bunga melati juga memiliki harumdan wangi yang menawan. Dibalik keindahan dan keistimewaannya ternyata bunga ini memiliki kelebihan lain yang sangat bermanfaat yaitu khasiat dan manfaat bunga melati untuk kecantikan dan kesehatan. Bunga Melati banyak disukai orang karena merupakan bunga yang sederhana, tapi dibalik kesederhanaannya ini menyimpan daya tarik yang luar biasa. Bunganya yang kecil mungil, putih, tapi mengeluarkan aroma semerbak mewangi.
Bunga ini sering disimbolkan sebagai kesucian, kebersihan hati dan juga simbol dalam perkawinan. Selain keindahannya bunga ini menyimpan khasiat tersendiri.

khasiat dan manfaat bunga melati untuk kecantikan dan kesehatan

Jenis dan Nama Bunga Melati Di Indonesia

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac) karena bunganya dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.
Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale).

Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI)serta Malete (Madura).

Jenis Melati Di Pulau Jawa

Adapun jenis dan varietes Melati yang ada di Pulau Jawa antara lain:

  • Jasminum sambac (Melati Putih), antara lain varietas: 'Maid of Orleans', 'Grand Duke of Tuscany', menur dan 'Rose Pikeke'
  • Jasminum multiflorum ('Star Jasmine')
  • Jasminum officinale (gambir).

Manfaat Melati Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Bunga melati memiliki manfaat yang banyak sekali  salah satunya adalah sebagai perawatan kecantikan dan juga dipakai sebagai tradisi upacara yang dianggal sakral, misalnya saja dalam perkawinan yaitu sebagai bunga tabur atau hiasan bagi mempelai. Bermanfaat juga untuk kecantikan yaitu dipakai bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh.

khasiat dan manfaat bunga melati untuk kecantikan dan kesehatan

Manfaat Melati Bagi Ibu Menyusui
Tanaman melati juga memiliki khasiat khusus bagi ibu yang sedang menyusui bayi yaitu bisa digunakan untuk menghentikan ASI yang keluar berlebihan.
Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di seputar dada ibu hamil, setiap pagi sebelum mandi.

Khasiat Melati Untuk Pengobatan :

Sakit mata
Penyakit mata yang ringan seperti mata merah atau belek karena iritasi, bisa diatasi dengan segenggam daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru.

Bengkak akibat diserang lebah
Caranya, ambil 1 genggam bunga melati, remas sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.

Demam dan sakit kepala
Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.

Demam berdarah.
Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

Demikianlah ulasan mengenai khasiat dan manfaat melati untuk kecantikan dan kesehatan. Bunga ini memiliki manfaat yang besar bagi pengobatan selain itu bunga ini mudah untuk ditanam dan tidak serepot merawat tanaman lain. Bila diperhatikan dengan seksama bunga ini terlihat sederhana, indah dan memiliki wangi yang menawan hati. Benar-benar bunga yang Istimewa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.