--> Skip to main content

Kolom iklan

Mengenal Tentang Lemak Baik Dan Lemak Merugikan Tubuh

Seperti yang diajarkan dulu saat sekolah. Lemak terbagi dua yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Asal katanya dari sumber lemak itu berasal. Tidak selalu lemak itu buruk kawan. Mari kita segarkan kembali ingatan kita dengan mengenal tentang lemak baik dan lemak merugikan tubuh kembali. Ada jenis lemak yang merugikan tubuh dan ada juga jenis lemak yang baik untuk tubuh. Sebelumnya kita ketahui bahwa lemak memiliki banyak jenis seperti lemak yang berasal pada hewan dan tumbuhan atau disebut nabati. Mengenal tentang lemak baik dan lemak merugikan tubuh sangat bermanfaat untuk mengenal mana yang baik untuk kesehatan dan menjadi nutrisi positif dan mana yang tidak baik dan akan menjadi penyakit bagi tuguh kita.

Mengenal Lemak baik dan lemak merugikan tubuh manusia

Kebanyakan orang tidak suka memakan makanan yang mengandung lemak karena pada faktor kesehatan. Padahal semua lemak tidaklah jahat. Tapi ada juga yang suka makan makanan yang berlemak karena mungkin rasanya lebih lezat dan nikmat. Makanan jenis junk food biasanya mengandung banyak lemak itu contoh konkretnya.

Mengapa harus mengenal jenis lemak

Agar dapat menghindari kebanyakan memakan lemak maka diharuskan untuk mengenali jenis lemak yang baik yaitu khusus lemak yang berasal dari hewan. Jika kita kebanyakan memakan makanan yang berlemak akan menyebabkan meningkatnya kolesterol, darah tinggi, diabetes, dan juga masalah berat badan.

Jenis Jenis Lemak

Jenis lemak yang sangat merugikan tubuh diantaranya adalah :

Lemak jenuh. 
Lemak Jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan membuat stroke dan diabetes tipe 2. Lemak ini tidak akan ada di hewan. Hati-hatilah mengkonsumsi makanan yang termasuk kepada jenis lemak jenuh karena hal ini akn mengakibatkan penyakit kolesterol bagi yang baisa mengkonsumsinya. Kesehatan tubuh kita akan semakin memburuk bila memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan bisa mengakibatkan penyakit darah tinggi salah satunya.

Trans Fat. 
Lemak ini juga dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah, lemak fat sering kali ditemukan di dalam makanan hasil olahan yaitu seperti nugget, sosis, dan kornet.

Kebanyakan lemak jenuh dan transfat akan membentuk padat pada suhu ruangan jika dengan jumlah tinggi. Biasanya lemak ini terdapat pada shortening, daging sapi dan daging babi, serta margarin. Itulah kenapa untuk kaum muslim dilarang mengkonsumsi daging babi mungkin karena lebih banyak hal yang tidak bermanfaatnya dibanding manfaatnya.

Jenis lemak yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah :

Lemak tak jenuh tunggal. Contohnya pada minyak olive, dan minyak canola.
Lemak tak jenuh ganda. Contohnya pada ikan salmon dan minyak zaitun.

Lemak yang baik pada tubuh tentunya tidak akan menimbulkan penyakit bagi kita bila mengkonsumsinya. Justru jenis lemak yang baik biasanya memiliki jenis manfaat yang baik bagi kesehatan. Misalnya saja lemak yang terkandung dalam Ikan salmon itu merupakan nutris yang baik bagi kehamilan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Mengenal tentang lemak baik dan lemak merugikan tubuh sehingga kita bisa lebih bijak untuk memilih makanan untuk kita konsumsi setiap harinya. Sayangi tubuhmu maka tubuhmu akan sehat dan panjang umur.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.