Skip to main content

Asap Obat Nyamuk Bakar Sebanding Asap 100 Batang Rokok

Di musim kemarau ini selain panas dan berkurangnya pasokan air di beberapa daerah adalah gangguan nyamuk di malam hari. Hasilnya berbagai pengusir nyamuk laku keras di pasaran. Khususnya bagi obat nyamuk bakar pembaca harus berhati-hatil.  Berdasarkan penelitian obat nyamuk bakar memiliki efek buruk. Asap  obat nyamuk bakar sebanding dengan Asap 100 batang rokok.  Bahayanya pengusir nyamuk paling ekonomis adalah obat nyamuk bakar.  Mari kita ikuti apa kata pakar di bawah ini.


"Tidak banyak orang tahu tentang hal itu, tetapi kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh satu kumparan obat nyamuk bakar setara dengan kerusakan yang disebabkan oleh 100 batang rokok. berdasarkan studi terbaru di Malaysia," kata Sandeep Salvi, direktur Chest Research Foundation, seperti dilansir Timesofindia, (17/9/2011).

Om Sandeep menjelaskan hal tersebut saat konferensi 'Air Pollution and Our Health' yang diadakan oleh Centre for Science and Environment (CSE) bekerja sama dengan Indian Council for Medical Research dan Indian Medical Association.

Di dalam satu batang rokok terkandung lebih dari 4.000 bahan kimia racun (toksik) dan 43 senyawa penyebab kanker (karsinogenik). Asap rokok yang dihirup mengandung zat-zat berbahaya misalnya tar, karbon monoksida, hidrogen sianida, logam berat dan radikal bebas. Masing-masing zat racun tersebut merusak organ tubuh dengan cara yang berbeda.

Selain itu Bahan-bahan kimia lain yang terdapat dalam asap rokok yang dapat merusak paru antara lain hidrokarbon, nitrit oksida, asam organik, fenol dan bahan-bahan oksidasi. Radikal bebas merupakan bahan kimia sangat reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan otot jantung dan pembuluh darah.
Bau asap rokok yang susah hilang juga dikarenakan asap rokok terbuat dari rantai molekul yang panjang, sehingga butuh waktu yang lama atau sulit untuk dihilangkan terutama pada kain. Selain itu asap rokok yang dihasilkan umumnya mengandung banyak zat atau residu. Maka jika asap obat nyamuk bakar sebanding asap 100 batang rokok ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Bagaimana dengan pemakai obat nyamuk bakar di masyarakat Indonesia?
 
"Masyarakat menengah ke bawah paling banyak pakai anti nyamuk bakar karena harganya terjangkau. Tapi harus juga diperhatikan cara menggunakannya, jangan sampai malah mengganggu pernapasan," jelas Dr Rita Kusriastuti, MSc, Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Dit P2B2), Ditjen PP dan PL Kemenkes.

Dr Rita memberikan alternatif mengurangi efek butuk penggunakan obat nyamuk bakar, antara lain:
  • Tersedianya ventilasi di dalam ruangan sehingga sirkulasi udara cukup
  • Coba letakkan obat nyamuk di bawah tempat tidur karena targetnya adalah nyamuk
  • Letakkan searah dengan arah aliran udara agar tidak mengganggu pernapasan
  • Usahakan menempatkan obat nyamuk bakar dengan jarak minimal 1,5 meter dari manusia.
  • Jika mempunyai asma, sebaiknya gunakan obat nyamuk bakar pada sore hari sebelum masuk kamar. Selanjutnya keluarkan ketika Anda akan tidur sehingga tidak mengganggu pernafasan.
sumber: detikhealth.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.