--> Skip to main content

Kolom iklan

Menu Khas Berbuka Puasa Di Berbagai Negara

Berbuka puasa selalu menjadi kenikmatan tersendiri bagi kita kaum muslimin. Nikmatnya berbuka biasanya tidak lepas dari menu berpuasa bukan? mulai dari tajil sampai menu utama. Oya ngomong-ngomong mau tau ga ya?dengan menu khas berbuka puasa di berbagai negara? di bawah ini ada beberapa contoh menu khas berbuka yang diulas. keren-keren loh menunya. Tapi bagaimanapun juga kalau buat kita mah kolak pisang tetep paling yummy dech.. betul? serius dikit. Berbuka puasa tentunya menjadi suatu yang dinantikan setelah seharian penuh menahan lapar dan haus. Tapi yang pasti menu berbuka itu sendiri sebaiknya mengandung asupan gizi yang cukup untuk tubuh.

Salah satunya adalah memakan buah kurma plus minuman air putih sebagai suplemen makanan yang baik. Bukan hanya di Indonesia saja yang memiliki tradisi Ramadhan dengan menu khas untuk berbuka puasa. Negara-negara lain pun memiliki berbagai menu unik untuk disantap ketika berbuka.
  • Yordania. Penduduk Yordania biasa berbuka dengan menyantap dua hidang khasnya yaitu Mansaf (terbuat dari daging domba dibumbui dengan rempah-rempah) dan Qatayef (makanan penutup sejenis  sejenis pancake dengan kayu manis dan isian gula serta kenari, biasa disantap dengan sirup madu)
  • Turki. Masyarakat turki biasanya berbuka dengan roti pide yaitu semacam roti panggang disantap dengan sup iftariye dan Gullac yaitu makanan pencuci mulut yang biasa disantap setelah hidangan utama
  • Mesir. Masyarakat mesir mempunyai hidangan khas yang disebut medames dan molokheya yaitu makanan yang dibuat dari ayam dan nasi
  • Pakistan memiliki hidangan khas bernama samosa. Yaitu makanan berbentuk segitiga dengan isian sayur dan daging dengan saus pelengkapnya
  • India memiliki makanan khas yang dinamakan Hyderabad Haleem yaitu bubur gandum dengan rasa pedas dan daging domba sebagai pelengkap
  • Indonesia, masyarakat Indonesia memiliki beragam kuliner. Namun yang khas pada bulan puasa biasanya ada menu seperti kolak yaitu makanan yang dimasak dengan santan, isinya bisa pisang, nangka, bubur beras ketan dengan saus gula aren. 
Wah keren-keren ya sajian khas berbuka puasa mereka? Bagaimana di Indonesia selain tajil ala kolak pisang? Tidak usah bingung mencari menu untuk berbuka ya, karena pada intinya sih balik lagi ke menu 4 sehat 5 sempurna aja dech. Dan jangan lupa kolak pisangnya yaa.. :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.