Skip to main content

Cara Pertolongan Pertama Bagi Orang Keracunan

cara pertolongan pada korban keracunan
Disaat orang di dekat anda keracunan apa reaksi anda? Panik? Meminta tolong? Atau shock tanpa mampu melakukan apa-apa? Jangan panik bila itu terjadi. Lakukan cara pertolongan pertama bagi orang keracunan seperti uraian di bawah ini. Harap diingat karena  hal ini bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Semoga cara pertolongan pertama orang keracunan ini dapat bermanfaat bagi sahabat pembaca.

Ada banyak hal yang dapat membuat orang keracunan, mulai dari kontaminasi bakteri dalam makanan, bahan kimia, hingga sengaja diracun orang. Racun yang ganas dapat segera membunuh korban dalam hitungan detik. Sedangkan racun yang tidak terlalu ganas masih bisa ditangkal dengan penanganan medis.

"Kalau melihat korban keracunan, kenali dulu apa jenis zat yang membuatnya keracunan. Kalau penyebabnya pestisida, bisa diupayakan korban untuk muntah atau menggunakan obat bilas lambung agar korban muntah. Pada kasus yang lebih parah, racun bisa dikeluarkan lewat hidrolisis atau cuci darah," kata Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc. Ph.D, Guru Besar Farmakologi dan Terapi Universitas Gadjah Mada.

Prof Iwan juga menjelaskan bahwa salah satu ciri keracunan yang parah adalah keluarnya busa dari mulut. Hal itu menandakan racun di dalam tubuh sudah mulai bereaksi. Jika ini terjadi, maka kurang dari 20 menit nyawa korban bisa tak tertolong.

"Beberapa jenis racun tidak boleh dimuntahkan karena dapat merusak saluran pencernaan atau kerongkongan. Memberikan minuman seperti air putih, kopi ataupun air kelapa muda justru berbahaya. Sebaiknya segera bawa korban ke rumah sakit atau puskesmas terdekat," terang prof Iwan.

Saat membawa korban keracunan ke rumah sakit, sertakan pula informasi mengenai usia, jenis racun yang tertelan, berapa banyak racun yang tertelan, kapan peristiwanya terjadi, korban mengalami muntah atau tidak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa korban ke rumah sakit.

Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul 'First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat', ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko bahaya pada korban keracunan, yaitu sebagai berikut:
  1. Kurangi kadar racun yang masih ada di dalam lambung dengan memberi korban minum air putih atau susu sesegera mungkin. Jangan beri jus buah atau asam cuka untuk menetralkan racun.
  2. Usahakan untuk mengeluarkan racun dengan merangsang korban untuk muntah dengan wajah menghadap ke bawah dan kepala menunduk lebih rendah dari badannya agar tak tersedak.
  3. Jangan memberi minuman atau berusaha memuntahkan isi perut korban bila ia dalam keadaan pingsan. Jangan berusaha memuntahkannya jika tidak tahu racun apa yang ditelan.
  4. Jangan berusaha memuntahkan korban bila menelan bahan kimia seperti pembersih toilet, cairan antikarat, cairan pemutih, sabun cuci, bensin, minyak tanah, tiner serta pemantik api. Zat asam akan menyebabkan kerusakan lebih parah pada lambung atau esofagus jika dimuntahkan. Sedangkan BBM yang dimuntahkan dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan pneumonia.
sumber referensi: detikhealth.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.