--> Skip to main content

Kolom iklan

Olahraga Penangkal Pegal Bagi Pekerja Kantor

Olahraga bagi karyawan kantor
Pekerjaan seorang karyawan kantor yang sering duduk berjam-jam lamanya sering menimbulkan pegal. Biasanya karyawan duduk berjam-jam di depan komputer  akan memicu rasa pegal di sekujur tubuh, hal inipun menimbulkan resiko memicu penyakit seperti jantung dan diabetes. Olahraga penangkal pegal bagi pekerja kantor jelas dibutuhkan setiap harinya untuk menangkal efek negatifnya. Olahraga penangkal pegal bagi karyawan kantor ini tidak sulit dan mudah dilakukan.

Sebenarnya olahraga hanya mengurangi risikonya terkena penyakit di atas. Selain olahraga ini tetap disarankan untuk sekali waktu berdiri lalu beranjak dari meja kerja, sekadar berjalan ke kantin untuk makan siang atau menghirup udara segar.

Beberapa gerakan yang diklaim bisa menangkal efek pegal-pegal setelah seharian duduk di kantor antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari News.com.au, Senin (29/10/2012).

1. Deep squats
Sederhananya, gerakan squats adalah gerakan jongkok-berdiri yang tujuannya adalah melatih otot paha dan betis. Otot-otot tersebut jarang digerakkan selama duduk di depan komputer, sehingga jadi lemah dan gampang pegal kalau dipakai untuk berjalan.

Deep squats dimulai dengan membuka kaki selebar bahu dan tubuh tegak menghadap ke depan. Perlahan, lakukan gerakan jongkok seperti hendak duduk di kursi dengan tumit tetap menapak di lantai. Lakukan serendah mungkin hingga betis menempel dengan paha belakang, tetapi jangan sampai terasa sakit karena bisa memicu cedera otot.

2. Bend and twist
Membungkuk (bend) dan memutar pinggul (twist) adalah gerakan yang paling rentan memicu cedera. Jika otot-otot yang terlibat dalam gerakan ini cukup terlatih, maka postur tubuh akan menjadi sangat kokoh menahan pegal meski dipakai untuk duduk berjam-jam.

Caranya melatihnya adalah berdiri dengan membawa bola atau dumbell kecil di tangan. Posisikan punggung agak memungkuk, dengan tangan mengarah 45 derajat ke depan. Dengan posisi tetap membungkuk, ayunkan bola di tangan ke arah samping lalu secepatnya kembali ke posisi semula.

3. Alternating step-up
Gerakan step-up pada dasarnya meniru gerakan nauk turun tangga. Alternating step-up membuatnya jadi sedikit lebih berat, namun itu berarti akan menghasilkan otot-otot paha dan betis yang lebih kokoh untuk menunjang rangka tubuh dalam menopang berat badan.
Awali dengan berdiri di atas step atau semacam pijakan yang tingginya kurang lebih selutut. Turunkan salah satu kaki hingga ujung jarinya menyentuh lantai. Namun sebelum tumitnya menapak, angkat kembali dengan kekuatan kaki yang satunya lagi, lalu ulangi untuk kaki yang lain.

4. Walking lunges
Lunges atau gerakan jongkok sambil melangkahkan kaki lebar-lebar ke arah depan juga termasuk latihan untuk otot kaki. Karena otot yang digunakan sama seperti saat berjalan atau berlari, maka latihan ini sangat berguna dalam keseharian.

Pertama-tama, berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu lalu bayangkan saat ini sedang berada di atas bantalan rel kereta. Langkahkan salah satu kaki jauh-jauh seolah ingin menapak di bantalan rel berikutnya. Begitu menapak, turunkan lutut hingga beberapa centimeter saja di atas lantai. Tarik kaki yang satunya menyusul kaki yang di depan, lalu lakukan bergantian.

5. Cobra
Kecenderungan saat duduk di depan komputer adalah terlalu membungkuk, sehingga sering memicu pegal di sekitar otot punggung. Penangkalnya adalah gerakan cobra, yang sesuai namanya, mirip gerakan ular kobra saat berhadapan dengan musuhnya.

Ambil matras, posisikan tubuh tengkurap menghadap dengan wajah ke bawah. Telapak tangan menghadap ke bawah, persis di bawah bahu. Tulang panggul tetap menempel di matras, perlahan dorong tubuh bagian atas dengan kedua tangan seperti saat melakukan gerakan push up. Dorong setinggi mungkin hingga punggung melengkung ke belakang, namun batasi jangan sampai kesakitan.

Semoga artikel Olahraga penangkal pegal bagi pekerja kantor ini bermanfaat bagi sahabat pembaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.