--> Skip to main content

Kolom iklan

Kegunaan Dan Manfaat Natrium Sitrat

Manfaat Natrium Sitrat
Bagi anda yang biasa dengan dunia kimia pasti pernah mendengar tentang yang namanya Natrium sitrat. Kegunaan dan manfaat Natrium sitrat biasanya digunakan sebagai pemberi cita rasa atau juga pengawet makanan untuk makanan dan minuman. Tau bahan minuman ringan berupa serbuk bubuk rasa jeruk yang biasa kita beli per sachet? Nah biasanya menggunakan Natrium Sitrat. Kode asam sitrat sebagai zat aditif makanan (E number ) adalah E330. Bila dikonsumsi sesuai takaran dan tidak berlebihantidak berbahaya bagi tubuh. Bahkan ada beberapa manfaat Natrium sitrat yang berguna untuk hal-hal lainnya.

Garam sitrat dengan berbagai jenis logam digunakan untuk menyediakan logam tersebut (sebagai bentuk biologis) dalam banyak suplemen makanan. Sifat sitrat sebagai larutan penyangga digunakan sebagai pengendali pH dalam larutan pembersih dalam rumah tangga dan obat-obatan. Inilah kegunaan Natrium sitrat lainnya.

Kemampuan asam sitrat untuk meng-kelat logam menjadikannya berguna sebagai bahan sabun dan deterjen. Dengan meng-kelat logam pada air sadah, asam sitrat memungkinkan sabun dan deterjen membentuk busa dan berfungsi dengan baik tanpa penambahan zat penghilang kesadahan.

Demikian pula, asam sitrat digunakan untuk memulihkan bahan penukar ion yang digunakan pada alat penghilang kesadahan dengan menghilangkan ion-ion logam yang terakumulasi pada bahan penukar ion tersebut sebagai kompleks sitrat.

Manfaat Natrium Silfat lainnya adalah asam sitrat digunakan di dalam industri bioteknologi dan obat-obatan untuk melapisi (passivate) pipa mesin dalam proses kemurnian tinggi sebagai ganti asam nitrat, karena asam nitrat dapat menjadi zat berbahaya setelah digunakan untuk keperluan tersebut, sementara asam sitrat tidak.

Asam sitrat dapat pula ditambahkan pada es krim untuk menjaga terpisahnya gelembung-gelembung lemak. Dalam resep makanan, asam sitrat dapat digunakan sebagai pengganti sari jeruk. Bagi anda yang biasa mengkonsumsinya diharapkan jangab berlebihan meskipun lolos ijin Dinkes tapi tetap perlu diketahui bahwa bahan kimia membuat kerja ginjal lebih berat. Biasakanlah minum air putih bilamana haus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.