--> Skip to main content

Kolom iklan

Tips Sukses Membuat Roti Unyil Sesuai Resep

Resep Roti Unyil – Anak kecil mana sih yang ga suka roti unyil? Roti imut-imut yang gemesin dan enak untuk dimakan ini. Roti Unyil bukan rotinya Si Unyil, Roti Unyil adalah jenis roti biasa tapi ukurannya yang super kecil dan pada dasarnya teknik pembuatannya sama seperti roti biasa. Masalahnya membuat roti unyil sering gagal bagi yang tidak tahu trik-nya. Nah di bawah ini ada tips sukses membuat Roti Unyil sesuai resep tanpa gosong, sobek, ancur dan lain-lain. Ayo sis jangan nyerah coba lagi bikin cemilan yang satu ini demi anak-anak di rumah. Lebih baik di kasi Roti Unyil buatan sendiri kan di banding beli jajanan-jajanan pinggir jalan yang belum tentu sehat dan aman bagi kesehatan.

Cara membuat Roti Unyil tanpa gagal

Pada prinsipnya Roti Unyil kurang lebih timbangan tiap adonannya adalah 8 s/d 10 gram saja dan itu cukup untuk membuat 1 roti Unyil yang tepat. Dari pengalaman berkali-kali gagal membuat roti, dapat disimpulkan bahwa cara sukses membuat roti unyil minimal harus melewati proses sebagai berikut : 
  1. Siapkan bahan sesuai resep. Bahan berkualitas bagus akan menghasilkan roti yang bagus pula.
  2. Lakukan proses pembuatan adonan roti persis seperti yang diminta resep. Pastikan adonan yang dihasilkan kalis dan elastis. Tanda-tandanya sudah benar :
  3. Bila dibulatkan akan licin permukaannya; dan
  4. Bila ditipiskan tidak akan mudah robek.
  5. Timbang potong adonan @8 atau 10 gram, lalu bulatkan mulus. Diamkan selama 15 menit.
  6. Kempiskan tiap bulatan, lalu isi dan bentuk sesuai selera. Tata roti diatas loyang yang sudah dipoles mentega atau dialas baking paper.
  7. Lakukan fermentasi akhir selama 1 jam disuhu ruang. Bila roti sudah terlihat mengembang sempurna dan terasa ringan. Segera poles permukaannya dengan susu, kemudian panggang dalam oven yang sudah panas, suhu 180’C. selama 15 menit saja.

Waktu pemanggangan Roti Unyil
Waktu pemanggangan menjadi perihal yang sangat penting, mengingat ukuran roti yang sangat kecil.
Bila pada umumnya roti membutuhkan waktu panggang 20 s/d 30 menit disuhu 180ÂșC, pada roti unyil cukup dipanggang hingga terlihat bagian atasnya kuning kecoklatan saja, langsung angkat. Waktu rata-rata yang dibutuhkan saat memanggang roti unyil adalah 10 s/d 15 menit saja.


Kasus Gagal Membuat Roti Unyil 
Kasus roti unyil yang matang tapi kering, dipastikan karena waktu fermentasi akhir kurang lama dan dipanggang dalam oven terlalu lama. Roti menjadi garing dan kriuk.


Nah, ketahuan deh salahnya dimana. Jangan sedih lagi ya! Yuk, semangat bikin Roti Unyil lagi!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.