Skip to main content

Wabah Aneh tertawa Tanganyika Yang Menyiksa Penderitanya

Wabah tertawa Tanganyika - Pernah mendengar istilah di Film Warkop? Nahwa tertawa itu menyehatkan. Silahkan tertawa tapi sebelum tertawa itu dilarang. Tertawa memang membuat kesehatan mental kita membaik tapi apa akibatnya bila tertawa secara berlebihan? Berjam-jam atau bahkan berhari-hari? Bukannya sehat tapi bisa jadi satu penderitaan bukan? Pernah tercatat di dalam sejarah bahwa ada wabah aneh Tertawa Tanganyika yang menyiksa penderitanya. Bagaimana tidak? Bila terkena wabah ini anda bisa tertawa tanpa henti berjam-jam tanpa henti sampai anda pingsan karena kelelahan. Sungguh suatu wabah yang aneh.

wabah tangayika - wabah tertawa tanpa henti

Kejadian yang pertama adalah wabah tertawa, bagaimana mungkin sebuah tertawa dapat dikatakan penyakit?

Kejadian paling aneh ini berhasil di dokumentasikan dalam penyakit psikogenik massal ini adalah Wabah Tawa Tanganyika pada 1962. Kejadian lengkap atas kondisi ini digambarkan dalam sebuah kertas yang diterbitkan oleh Central African Journal of Medicine pada tahun 1963.


Wabah ini dimulai dengan adanya bercandaan antara para mahasiswa di salah satu asrama di negara Tanzania. Entah karena apa, salah seorang remaja putri mulai tertawa tidak terkendali. Tertawa ini pun tak hanya berlansung beberapa menit, tetapi berjam-jam. Bahkan berhari-hari.

Wabah Aneh tertawa Tanganyika menyiksa Penderitanya

Korban wabah aneh ini, yang hampir semuanya adalah wanita, akhirnya mengalami kesakitan, pingsan, masalah pernafasan, gatal- gatas dan bahkan menangis, yang semuanya muncul akibat tertawa histeris. Bahkan wabah tawa ini menular ke orang tua para mahasiswa, juga sampai ke sekolah lain dan bahkan ke desa sekitarnya. Dibutuhkan nya 18 bulan lamanya sebelum wabah ini berhenti total.


Bagaimana bisa tertawa bisa menular pada orang lain? Apakah ini sejenis virus? Jawabannya belum pasti dan apa penyebabnya. Semoga wabah tertawa Tanganyika ini tidak muncul lagi di jaman ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.