--> Skip to main content

Kolom iklan

Cara Atasi Susah Buang Air Besar Di Bulan Puasa

Cara atasi susah BAB - Bulan puasa adalah saatnya orang berpuasa di siang hari dan tentunya untuk kaum muslimin. Berdasarkan pengalaman dan juga pengalaman beberapa orang biasanya penyakit yang muncul adalah sulit BAB alias buang air besar. Meskipun secara umum badan kita menjadi lebih sehat karena proses detoksifikasi dan juga regenerasi sel yang lebih baik karena berpuasa. Sulit buang air besar ini dikarenakan mekanisme tubuh kita sedang menyesuaikan diri dengan pola puasa dan juga karena pola makan yang kurang seimbang di saat buka dan makan sahur. Sebenarnya ada cara atasi susah buang air besar di bulan puasa selain mengkonsumsi serat dan buah-buahan yang lebih direkomendasikan. Strategi ataupun siasat lain agar bisa mengatasi sulitnya buang air besar bisa dengan cara di bawah ini.

Cara Atasi Susah Buang Air Besar Di Bulan Puasa

Memangnya ada Cara lain?

Hal ini bisa menjadi cara lain atau sebut saja strategi yang baik bagi banyak orang, karena mungkin saja untuk orang-orang tertentu mungkin memiliki masalah dengan penggunaan serat tertentu. Secara anjuran kesehatan umum, mengkonsumsi makanan kaya serat seperti alpukat, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu. Inilah alternatifnya.

Cara Atasi Susah Buang Air Besar Di Bulan Puasa

Berikut adalah beberapa alternatif Sulit BAB yang bisa diterapkan :

Mengkonsumsi Garam Saat Berbuka Puasa

Kebanyakan orang pada saat ini menghindari penggunaan garam secara berlebihan. Garam adalah nutrisi penunjang kehidupan yang mendukung fungsi tiroid, kesehatan adrenal dan keseimbangan elektrolit.

Penelitian menyatakan bahwa Anda harus mengkonsumsi 1,5-3,5 sendok teh garam per hari. Anda dapat mengkonsumsi beberapa garam yang Anda butuhkan dari sumber alami seperti bit, wortel, bayam, lobak, ikan dan sayuran laut (yaitu kombu, kelp, dulse).

Saya juga merekomendasikan menggunakan garam laut berkualitas tinggi atau bahkan lebih baik, garam pink himalayan pada makanan Anda.

Mengkonsumsi Aloe Vera (Lidah Buaya) Saat Berbuka Puasa

Lidah buaya telah digunakan secara tradisional sebagai pengobatan pencahar alami dan didukung oleh penelitian. Aloe vera bersahabat dengan usus mengandung senyawa yang menyembuhkan dan nutrisi termasuk vitamin, mineral, elektrolit dan enzim.

Manfaat lidah buaya lancarkan sembelit buang air besar

Aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi yang merangsang sekresi pencernaan, mengatur pH, aktivitas enzim dan mendukung bakteri sehat.
Baca : Khasiat Dan Manfaat Lidah Buaya
Efek pencahar dihasilkan dari anthraquinones yang ditemukan di lidah buaya. Senyawa ini meningkatkan hidrasi usus, sekresi lendir dan gerak peristaltik usus.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Lemak

Tubuh memerlukan lemak untuk fungsi optimal organ dan proses seluler. Lemak membantu mengatur fungsi hormon dan juga bertanggung jawab untuk motilitas usus.

Satu penelitan klinis menunjukkan bahwa pola makan dengan tinggi lemak sehat selama tiga hari berturut-turut akani mengalami penurunan lama waktu makanan tinggal dalam lambung.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kesehatan jantung juga meningkat, ini menunjukkan bahwa lemak sehat sangat penting untuk fungsi keseluruhan tubuh manusia.

Lemak sehat terdapat dalam minyak kelapa, mentega kelapa, kelapa serpih, alpukat, zaitun dan minyak zaitun.

Menaikkan Level Asam Lambung Anda

Kebanyakan orang yang menderita sembelit kronis memiliki kadar asam lambung sangat rendah. Asam lambung penting untuk memicu seluruh sistem pencernaan berjalan dengan benar untuk mencerna protein dan merangsang pelepasan empedu dari hati dan kantong empedu serta enzim pankreas dari pankreas.

Stres menguras kemampuan kita untuk menghasilkan asam lambung yang memadai, yang kemudian menyebabkan pencernaan buruk dan peradangan dalam usus dan stres memperburuk peradangan pada tubuh. Pola ini merupakan lingkaran setan yang membuat semakin memburuknya kesehatan anda.

Super Hydrate

Mengurangi konsumsi minuman berkafein dan manis sepanjang hari adalah cara pertama agar tubuh anda terhidrasi secara tepat. Minuman ini bisa mengurangi keseimbangan osmotik usus dan menghambat motilitas usus.

Meningkatkan konsumsi air dalam tubu Anda dengan minum minimal setengah dari berat badan Anda sehari-hari dan tiga perempat dari berat badan Anda selama musim panas.

Minum hingga 24 ons dan tidak kurang dari 8 ons air ketika Anda pertama kali bangun adalah cara yang bagus untuk mendukung aktivitas usus yang sehat.
Untuk memberikan bantuan segera akibat masalah sembelit, cobalah minum 4 ons air dengan 2 sendok garam pink Himalayan.

Minum perlahan, kemudian ikuti dengan air 8 ons dan kemudian perlahan-lahan minum air selama 15 menit. Air garam akan membuat tekanan osmotik yang akan menarik lebih banyak air ke dalam usus Anda dan mendorong keluar limbah. Anda akan merasakan dorongan yang kuat untuk segera buang air besar. Teknik ini bertindak seperti melakukan enema oral.

Berdasarkan uraian diatas, misalkan saja untuk ulasan pertama harus mengkonsumsi lemakm garam dll maka tentunya ada jenis-jenis makanan lain yang bisa membantu melancarkan pencernaab dan melancarkan buang air besar dengan lebih mudah bukan?, Ada beberapa jenis makanan yang bisa direkomendasikan untuk hal tersebut.
Baca juga : 4 Jenis Makanan Melancarkan Pencernaan
Demikianlah beberapa cara atasi susah buang air besar di bulan puasa, tapi alangkah lebih baiknya bila anda tidak memiliki masalah dengan makanan berserat sebaiknya anda rutin mengkonsumsi jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang jelas lebih alami dan lebih sehat. Meskipun demikian cara diatas bisa menjadi alternatif bagi anda yang memiliki masalah kesulitan buang air besar.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.